7 Kades Pelajari Kawasan Konservasi Pulau Seribu

id Kades,Pelajari,Kawasan,Konservasi,Pulau,Seribu

Pulau Seribu jadi acuan dan pembelajaran bagi pemerintah desa di kawasan konservasi Kabupaten Lingga, agar dapat menerapkan konsep serupa berdasarkan karaktristik potensi di wilayahnya
Lingga (Antara Kepri) - Kepala Desa dari 7 kawasan konservasi perairan Kabupaten Lingga, dapat kesempatan menyerap pengalaman tentang pengelolaan kawasan konservasi di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Kegiatan studi banding tersebut diakomodir sepenuhnya oleh DKP Lingga melalui program Coremap CTI fase III tahun 2016.

"Kegiatannya selama 5 hari, dengan mengunjungi kawasan konsevasi perairan di pulau Seribu, pulau Pramuka, lokasi Penangkaran Penyu, penangkaran Hiu dan Konservasi Bakau," kata Chandra Hadisastra, Kasi Pengelolaan Rehabilitasi dan perlindungan sumberdaya DKP Lingga, Selasa.

Adapun 7 Kades tersebut diantaranya, Kades Benan, Kades Batu Belubang, Kades Mamut, Kades Tajur Biru, Kades Pena'ah, Kades Limbung dan Kades Sekanah.

Kegiatan studi banding yang diakomodir melalui Program Coremap CTI fase III itu, dijelaskan Candra, untuk memantapkan pengelolaan 7 kawasan konservasi yang dimiliki Lingga saat ini.

"Pulau Seribu jadi acuan dan pembelajaran bagi pemerintah desa di kawasan konservasi Kabupaten Lingga, agar dapat menerapkan konsep serupa berdasarkan karaktristik potensi di wilayahnya," ungkap Candra.

Selain menggelar kegiatan tersebut, lanjutnya, pihak DKP juga akan menjalin kerjasama kemitraan dengan Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah), dalam menyusun perencanaan bisnis dan pemanfaatan potensi perikanan di kawasan konservasi tersebut.

Demikian juga dengan kota Tanjungpinang, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Lingga akan membangun kemitraan dari berbagai sisi, untuk mendukung keberhasilan program konservasi Coremap CTI tersebut.

"Kita tinggal menunggu penandatangan MoU saja dari Bupati. Mudah-mudahan pertengahan September ini telah dibuat, dan kerjasamanya dapat segera berlangsung sebelum akhir tahun ini," tutupnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE