Pemkab Lingga Segera Luncurkan Program Pembangunan Perikanan

id Pemkab,Lingga,Segera,Luncurkan,Program,Pembangunan,Perikanan

Konsep yang kita usung kali ini bukan lagi bersifat konvensional, tapi skalanya industri berbasis teknologi perikanan modern
Lingga (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Lingga dalam waktu dekat akan meluncurkan program pembangunan sektor perikanan berskala modern, guna memperkuat misi Lingga sebagai daerah Agrominapolitan.

"Konsep yang kita usung kali ini bukan lagi bersifat konvensional, tapi skalanya industri berbasis teknologi perikanan modern," kata Bupati Lingga, Alias Wello di Daik, Rabu.

Menurutnya, potensi perikanan di Lingga cukup mendukung usaha pemerintah merealisasikan program perikanan berskala industri. Terlebih lagi karena letaknya yang strategis berdekatan dengan jalur lintas laut perdagangan dunia.

Dia gambarkan, beberapa titik sentra perikanan di kabupaten dengan 96 persen lautan tersebut akan seperti beberapa pelabuhan perikanan di Eropa Timur, salah satu contohnya pelabuhan perikanan Scheveningen Belanda.

Kota tersebut memiliki pelabuhan perikanan dengan tempat pelelangan ikan sendiri, pasar ikan beku yang didukung cold storage skala besar dan modern, serta pasar ikan segar untuk semua restoran di Den Haag.

Industri pengolahan dan pengalengan ikan yang berinteraksi langsung dengan pedagang pasar lokal dan pelaku pasar ekspor juga dibangun kawasan pelabuhan tersebut.

"Kita sudah harus mencontoh kegiatan perikanan modern di negara-negara pesisir Eropa Timur. Untuk Lingga, aku melihat ada beberapa titik potensial untuk dijadikan sentra perikanan seperti ini, diataranya Desa Penuba Kecamatan Selayar dan salah satu pulau di Kecamatan Senayang," tuturnya.

Sejauh ini, kata dia, beberapa langkah telah dipersiapkan, salah satunya mengumpulkan sumberdaya manusia dari akademisi yang memiliki disiplin ilmu dibidang tersebut.

"Lewat peran eksponen Garda Terbilang, kita sudah kumpulkan 100 orang lebih putra daerah yang memiliki disiplin ilmu dibidang perikanan, pertanian dan peternakan. Mereka kita persiapkan untuk memasuki dunia praktisi, tidak lagi teoritis," ungkapnya.

Selain itu, pemerintah Kabupaten Lingga akan menggandeng Kabupaten Bintan. Hal itu dimaksud agar potensi kelautan yang dimiliki kedua daerah dapat saling menopang.

"Aku sudah beberapa kali mendiskusikan kerjasama ini dengan Bupati Bintan. Nantinya kami kroyokan dan saling berbagi peran. Potensi ini betul-betul akan dimanfaatkan dan dikembangkan secara optimal dengan membangun konsorsium bersama untuk pengelolaannya," ungkapnya.

Dia juga membocorkan, bahwa pemerintah daerah sedang menjajaki Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), untuk mendukung program minapolitan di dua kabupaten kota Provinsi Kepri tersebut.

"Mentri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pujiastuti berencana datang ke Lingga sekitar bulan November mendatang. Kita akan manfaatkan kunjungan itu untuk mengekspos potensi kelautan kita disini," sambung Alias Wello.

Jika di Kabupaten Natuna, pemerintah pusat bicara NKRI disamping membangun ekonomi kreatifnya, untuk Lingga lanjutnya, pemerintah akan bicara kedaulatan ekonomi.

"Kami punya potensi itu. Bukan mustahil, kalau kami kelola secara maksimal akan menjadi daerah yang memiliki pertumbuhan ekonomi luar biasa kedepan," ungkapnya lagi.

Dia berharap, ditahun mendatang Kabupaten Lingga juga didukung anggaran yang lebih besar agar cita-cita kedaulatan pangan di daerah tersebut dapat tercapai pada 2020 mendatang.

"Kalau semua berjalan sesuai rencana, dan didukung porsi anggaran yang lebih besar di tahun mendatang, tahun 2018 keberhasilannya sudah bisa kita rasakan bersama. Kalau sektor pertanian, 2017 insyaallah sudah dapat kita nikmati," tutupnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE