Batas Waktu Pemilihan Cawagub Kepri Belum Ditetapkan

id Batas,Waktu,Pemilihan,Cawagub,Kepri,Belum,Ditetapkan,wakil,gubernur,nurdin,basirun

Bagi kami, terlepas siapa figur yang dipilih nanti, yang penting proses pemilihan dilakukan secara cepat dan tepat
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Kementerian Dalam Negeri belum menetapkan batas waktu pemilihan calon wakil gubernur, kata Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Misni di Tanjungpinang, Rabu.

"Kami belum menerima surat terbaru dari Mendagri terkait batas waktu pemilihan calon wakil gubernur yang akan mendampingi Pak Nurdin Basirun," ujarnya.

Dia menjelaskan, beberapa bulan lalu setelah Nurdin dilantik sebagai gubernur menggantikan HM Sani (almarhum), Mendagri melayangkan surat ke Pemprov Kepri agar mendorong percepatan pemilihan calon wakil gubernur.

"Mendagri hanya meminta agar dipercepat, tidak menetapkan batas waktu," katanya.

Misni menambahkan, Pemprov Kepri sudah melayangkan surat kepada seluruh partai pengusung untuk segera menetapkan dua nama calon wakil gubernur untuk dipilih DPRD Kepri.

"Bagi kami, terlepas siapa figur yang dipilih nanti, yang penting proses pemilihan dilakukan secara cepat dan tepat," tegasnya.

Dia mengemukakan, proses pemilihan calon wakil gubernur seharusnya dipercepat, meski tanpa batas waktu yang ditetapkan. Wakil gubernur memiliki peranan besar dalam melaksanakan tugas-tugas di pemerintahan, terutama membantu tugas gubernur.

"Tugas gubernur akan ringan jika ada wakilnya," katanya.

Sementara itu, DPRD Kepri akan membentuk panitia pemilihan dan panitia khusus.

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak mengatakan, anggota legislatif yang menjadi anggota panitia pemilihan maupun panitia khusus sudah, namun belum ditetapkan.

"Beberapa waktu lalu kami sudah rapat dengan pengurus fraksi untuk menentukan siapa anggota legislatif yang menjadi anggota pemilihan dan panitia khusus," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan Kepri Syarafudin Aluan mengatakan sampai sekarang belum mendapat gambaran siapa calon wakil gubernur yang diinginkan oleh Gubernur Nurdin Basirun.

"Kami belum mengetahui siapa figur yang diinginkan gubernur, bahkan ciri-ciri orang tersebut pun kami belum mengetahuinya," ujarnya.

PPP sebagai salah satu partai pengusung HM Sani-Nurdin Basirun pada Pilkada Kepri 2015, seharusnya diajak gubernur untuk membahas pemilihan calon wakil gubernur bersama partai pengusung lainnya.

"Ini membutuhkan waktu yang lama, karena sampai sekarang belum jelas," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE