Danlantamal Sosialisasi Pilar Kemaritiman kepada Satgas Pelantara

id Danlantamal,Sosialisasi,Pilar,Kemaritiman,Satgas,Pelantara,pelayaran,lingkar,nusantara,tanjungpinang,bintan,maritim

Lima pilar kebijakan maritim yang meliputi budaya, sumber daya, infrastruktur dan konektivitas, diplomasi, dan pertahanan maritim
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksma TNI S Irawan melakukan sosialisasi lima pilar maritim dalam acara pembekalan kepada peserta Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VI  dalam rangka Sail Karimata tahun 2016.  

"Lima pilar kebijakan maritim yang meliputi budaya, sumber daya, infrastruktur dan konektivitas, diplomasi, dan pertahanan maritim," kata Irawan di Markas Lantamal IV/Tanjungpinang, Kamis.

Satgas Pelantara IV terdiri dari Pramuka Saka Bahari seluruh Indonesia.

Dalam pembekalan yang bertema "Cinta Bahari Demi Masa Depan Bangsa Untuk Menumbuhkan Rasa Nasionalisme dan Patriotisme Generasi Muda", Irawan juga memberi hadiah kepada peserta yang mampu menjawab pertanyaannya.

Amplop yang berisi uang itu menjadi bumbu penyemangat peserta untuk mengikuti pembekalan yang disampaikan Irawan.

"Pramuka Saka Bahari harus menumbuhkembangkan semangat bahari, dapat dimulai dari kegiatan pembekalan ini," ujarnya.

Menurut dia, Pramuka Saka Bahari yang diutus mewakili masing-masing daerahnya adalah pemuda-pemuda pilihan.

"Di sinilah wadah kalian berinteraksi dan bersosialisasi serta mengembangkan diri dan kepemimpinan," ucapnya.

Peserta Pelantara VI tahun 2016 diikuti 482 orang terdiri dari 332 orang Pramuka Saka Bahari berasal dari 23 kwarda se-Indonesia dan Satgas Bela Negara dari Kemhan 150 orang.

Seminggu yang lalu, dari Jakarta, mereka menggunakan KRI Surabaya- 591 jenis LPD (Landing Platform Dock) milik TNI AL, beberapa hari lalu sandar di Dermaga TNI AL, Mentigi, Tanjunguban, Kabupaten Bintan.

"Hari ini peserta Pelantara akan melaksanakan pentas seni di Tanjung Uban, dan keesokan harinya akan bertolak ke Ranai Natuna," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE