Disbupar Lingga Siapkan Bulang Linggi Meriahkan FBK

id Disbupar,Lingga,Siapkan,Bulang,Linggi,Meriahkan,FBK

Kami sewa pompong besar. Nantinya dihias dengan corak khas melayu, dipasang layar dan sebagainya. Gambaran kami, kapal ini seperti kapal perang Sultan Mahmud
Lingga (Antara Kepri) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lingga mulai mempersiapkan sebuah kapal hias menyerupai kapal perang milik Sultan Mahmud Riayat Syah III bernama Bulang Linggi, untuk memeriahkan Festival Bahari Kepri (FBK) tahun 2016, akhir Oktober mendatang.

"Sudah kami sepakati bersama dengan para budayawan, tokoh adat serta pemerintah daerah saat agenda rapat Jum'at (30/9) lalu. Kapal hias ini dinamai dengan nama Bulang Linggi," kata Asward, Kadisbudpar Lingga di Daik, Minggu.

Menurut Asward, pihaknya sudah melakukan penjajakan di lapangan dan telah mendapatkan sebuah kapal kayu berukuran 40 kaki untuk dihiasi dengan ornamen khas melayu kesultanan Riau Lingga.

"Kami sewa pompong besar. Nantinya dihias dengan corak khas melayu, dipasang layar dan sebagainya. Gambaran kami, kapal ini seperti kapal perang Sultan Mahmud," ungkapnya.

Kapal tersebut, ia harapkan mampu menarik perhatian masyarakat dan wisatawan yang hadir menyaksikan parade kapal hias Sungai Carang, Oktober mendatang.

Selain kapal hias, Asward menambahkan, Lingga juga akan turut memeriahkan beberapa kegiatan lainnya yang telah diagendakan Pemrov Kepri dalam serangkaian kegiatan FBK tersebut.

Bahkan, sebagai salah satu kabupaten pemilik tiga titik labuh kapal yacht di iven nasional Sail Karimata 2016, Pemkab Lingga juga mempersiapkan agenda penyambutan yang dibalut kekhasan seni dan budaya melayu Riau Lingga.

"Tanggal 21 Oktober, peserta Yacht tiba di titik labuh perairan Penuba. Kami sedang persiapkan agendakan penyambutannya. Acara puncak diperkirakan tanggal 22 Oktober," tutupnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE