Pemprov Kepri Bangun Pasar Induk FTZ Karimun

id Pemprov,Kepri,Bangun,Pasar,gubernur,nurdin,basirun,Induk,FTZ,Karimun

Pemprov Kepri Bangun Pasar Induk FTZ Karimun

Gubernur Kepri Nurdin Basirun berbincang dengan pedagang saat berkunjung ke Pasar Puan Maimun Tanjung Balai Karimun, Minggu (16/10). (antarakepri.com/Rusdianto)

Pemerintah Kabupaten Karimun saya minta menyiapkan lahannya. Dan pemprov akan bangun pasar induk itu yang kita rencanakan seperti pasar induk di Pulau Jawa
Karimun (Antara Kepri) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berencana membangun pasar induk di Bukit Tembak, Kecamatan Meral yang termasuk Kawasan Perdagangan Bebas atau Free Trade Zone (FTZ) Karimun.

"Pemerintah Kabupaten Karimun saya minta menyiapkan lahannya. Dan pemprov akan bangun pasar induk itu yang kita rencanakan seperti pasar induk di Pulau Jawa," kata Gubernur Kepri Nurdin Basirun di Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Nurdin mengatakan, pasar induk yang akan dibangun tersebut akan menggantikan Pasar Bukit Tembak yang ia nilai sudah tidak layak, sementara perkembangan investasi dan aktivitas perdagangan di kawasan tersebut makin berkembang dengan pesat.

Pasar induk yang akan dibangun tersebut, menurut mantan Bupati Karimun dua periode itu, akan dibangun lebih moderen sehingga dapat menjawab tuntutan perkembangan ekonomi dan makin ketatnya persaingan dengan pasar moderen semisal swalayan atau supermarket.

Dia menuturkan sengaja memilih Meral sebagai pasar induk karena berada di kawasan FTZ. Setiap komoditas untuk kebutuhan masyarakat dipasok melalui pasar induk tersebut dan selanjutnya didistribusikan ke beberapa pasar di Pulau Karimun Besar, dan termasuk juga di pulau lain seperti Moro dan Kundur.

Dalam tinjauan yang dilakukannya Minggu (16/10), pasar induk tersebut sangat cocok dan strategis dibangun pada lahan di samping jalan industri menuju beberapa perusahaan galangan kapal di Bukit Tembak, Kelurahan Sei Raya, Kecamatan Meral.

Lokasi lahan tersebut, menurut dia, berdekatan dengan laut sehingga mendukung untuk proses bongkar muat komoditas perdagangan dengan cepat dan efisien.

"Kalau bisa dibebaskan, bebaskanlah lahan itu. Saya pikir masyarakat tidak keberatan jika lahannya dibebaskan dan mendapat ganti rugi demi kepentingan pembangunan," katanya.

Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim menyambut positif keinginan Nurdin untuk membangun pasar induk tersebut.

"Keinginan gubernur itu kita dukung, beliau sangat bersemangat jika berbicara soal kepentingan publik. Kita akan bicarakan dengan bupati soal lahan yang diusulkannya itu," ucapnya.

Anwar Hasyim berjanji segera menyampaikannya kepada Bupati Aunur Rafiq karena relokasi Pasar Bukit Tembak ke pasar induk itu sangat strategis untuk memacu perekonomian masyarakat.

"Kita usahakan untuk membuat DED-nya secepat mungkin," ucap Anwar Hasyim. (Antara)

Editor: F.C Kuen

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE