Lingga Minta Bulog Dirikan Gudang Beras

id Lingga,Minta,Bulog,Dirikan,Gudang,Beras

Jika hari ini kami mampu mencetak 1.000 Hektare sawah, maka 3 bulan kedepan kami akan memanen minimal 3.000 Ton beras. Kemana harus kami simpan hasil produksi ini
Lingga (Antara Kepri) - Bupati Lingga Alias Wello mengatakan, upaya Kabupaten Lingga mencapai misi sebagai daerah penyedia pangan perbatasan, perlu secepatnya mendapat dukungan sarana penunjang khususnya gudang logistik.

"Saat ini Lingga memiliki keterbatasan infrastruktur itu. Sudah kami upayakan melalui APBD Perubahan, tapi keuangan daerah tidak mampu," kata dia, saat menyambut kunjungan kerja rombongan Staf Khusus Mentri Pertanian RI dan Pimpinan Perum Bulog Riau dan Kepri di Daik Lingga, Rabu.

Menurutnya, saat ini Kabupaten Lingga hanya memiliki gudang beras milik Perum Bulog Sub Divre Tanjung Pinang di Dabosingkep yang berkapasitas ratusan ton saja. Gudang itu merupakan bangunan eks PT Timah Singkep yang dipinjamkan ke Bulog.

"Jika hari ini kami mampu mencetak 1.000 Hektare sawah, maka 3 bulan kedepan kami akan memanen minimal 3.000 Ton beras. Kemana harus kami simpan hasil produksi ini," ungkapnya.

Baru-baru ini, ia sudah duduk bersama Kepala Perum Bulog Sub Divre Tanjungpinang, guna membahas prihal tersebut. Usulannya tersebut disambut baik.

Namun, pihak Bulog juga mengharapkan adanya penyedian lahan seluas 1 sampai 2 Hektare untuk membangun sarana gudang itu.

"Kami siap menyediakan lahannya. Bulog tinggal memilih mau bangun di Dabosingkep atau di Lingga. Kalau di Lingga, kami akan sediakan lahannya di Sungai Besar. Itu kawasan sentral Agrominapolitan daerah," ungkap Alias Wello.

Sementara itu, Pimpinan Perum Bulog Divre Riau dan Kepri, Iqbal Awaludin yang turut serta bersama rombongan staf khusus Mentan RI melakukan kunjungan ke Lingga, mempertegas keinginan pihak Bulog untuk membangun gudang logistik di daerah tersebut.

Namun, pemerintah setempat diharapkan menyediakan lahan secepat mungkin, agar dalam tahun anggaran 2016 ini, Bulog dapat memasukkannya kedapalam program kerja dan langsung melaksanakan pembangunannya.

"Kami berharap pemerintah setempat secepatnya menyediakan lahan untuk kami bangun tahun ini juga," kata Iqbal.

Dia juga mengatakan, berapapun jumlah produksi beras yang nantinya dihasilkan petani Lingga, akan ditampung oleh Bulog. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE