Pemerintah Bangun TPS 3R di Batam

id Pemerintah,Bangun,TPS,tempat,pembuangan,sampah,3R,Batam

Dinas PU beserta Dinas Kebersihan dan Pertamanan akan melakukan pendampingan hingga nantinya berhasil
Batam (Antara Kepri) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membangun Tempat Pembuangan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle di Kota Batam Kepulauan Riau, sebagai sarana pemanfaatan kembali limbah rumah tangga.

"TPS akan dibangun di Tiban Kampung akhir tahun ini," kata Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Batam Ardiwinata di Batam, Sabtu.

Ia mengatakan TPS 3R di kawasan pemukiman padat itu rencananya akan menjadi percontohan nasional, dalam pengelolaan limbah yang bisa dimanfaatkan kembali.

Biaya untuk pembangunan TPS 3R berasal dari anggaran Kementerian PU Perumahan Rakyat.

Setelah terbangun, TPS 3R itu akan diserahkan kepada masyarakat agar dimanfaatkan untuk mengelola limbah, dengan pendampingan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Kebersihan Pertamanan Kota Batam.

"Dinas PU beserta Dinas Kebersihan dan Pertamanan akan melakukan pendampingan hingga nantinya berhasil," kata dia.

Selain demi mengurangi limbah rumah tangga, pengelolaan sampah dengan sistem 3R juga bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar dengan kreativitas dari sampah.

Pemanfaatan limbah dengan 3R diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar.

Ardi menegaskan Pemkot Batam terus menggalakkan upaya pelestarian lingkungan dengan mengurangi sampah di Tempat Pembuangan Akhir.

Pemkot Batam juga mengelola Rumah Komposter yang mengubah sampah organik menjadi kompos. Bahkan, Rumah Kompster di Kampung Tua Dapur 12 sudah mampu menghasilkan pupuk hingga 20 ton tiap bulan.

Kompos itu utamanya digunakan untuk menyuburkan tanaman di taman-taman kota, serta dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bahan limbah untuk kompos dikumpulkan dari sampah rumah tangga warga Kampung Tua Dapur 12.

"Pemkot melakukan berbagai upaya untuk menekan jumlah limbah, utamanya limbah yang dihasilkan rumah tangga," kata Ardi. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE