KAL Pintar Lantamal IV Kunjungi Pulau Karas

id KAL,Pintar,Lantamal,IV,Kunjungi,Pulau,perpustakaan,keliling,tni,angkatan,laut,tanjungpinang,Karas

Masyarakat berduyun-duyun menyambut kedatangan rombongan dari Lantamal IV Tanjungpinang. Pulau Karas merupakan pulau yang masuk dalam wilayah Kecamatan Galang Kota Batam
Batam (Antara Kepri) - Kapal Angkatan Laut (KAL) Pintar Mandiri-1 milik Lantantamal IV/Tanjungpinang yang dikenal sebagai perpustakaan keliling mengunjungi masyarakat Pulau Karas, Batam, Kepulauan Riau.

Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI S Irawan melalui rilis pada Sabtu mengatakan kegiatan pada Kamis (20/10) tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

"Masyarakat berduyun-duyun menyambut kedatangan rombongan dari Lantamal IV Tanjungpinang. Pulau Karas merupakan pulau yang masuk dalam wilayah Kecamatan Galang Kota Batam," kata dia.

Sehari sebelumnya, kata Irawan, tim aju Lantamal IV telah menginformasikan kepada pemerintah setempat bahwa akan diadakan tiga kegiatan bahwa anak sekolah yang ada di Pulau Karas akan mendapat kunjungan kapal perpustakaan Laut Keliling, Bakti Kesehatan Diskes Lantamal IV dan Penyuluhan Bela Negara dan Keselamatan Pelayaran dari Dispotmar Lantamal IV Tanjungpinang.

Sebagaimana tamu, kata dia, Tim gabungan Lantamal IV melakukan kunjungan kepada ke Lurah Karas Bapak Ute Rambe untuk membicarakan kegiatan yang akan digelar pada wilayah tersebut.

"Ternyata masyarakat Karas sangat menyambut baik kegiatan itu. Mereka mengatakan hal seperti ini belum pernah kami dapatkan apa lagi ada perpustakaan, pengobatan gratis dan penyuluhan keselamatan pelayaran serta bela Negara sangat kami butuhkan disini," kata dia.

Tiga kegiatan yang digelar bersamaan pada pukul 10.30 WIB di dermaga pelabuhan Pulau Karas kelurahan Karas Kal Pintar Mandiri-1 menerima kedatangan rombongan siswa-siswi kelas 1 s/d VI Sekolah Dasar Negeri 019 Galang berjumlah 36 dengan didampingi guru pembimbing Abdul Rahman.

Sedangkapn pada pukul 12.40 WIB Kal Pintar mendapat kunjungan dari siswa-siswi kelas X s/d XII SMAN 9 Batam berjumlah 102 orang didampingi guru pembimbing Buzar serta siswa perwakilan SMP 13 Batam berjumlah 10 orang.

"Walaupun sedikit mengalami kendala karena situasi ruangan perpustakaan kapal sempit, namun didak mengurangi semangat para siswa membaca ribuan koleksi buku yang ada diperpustakaan laut keliling Lantamal IV tersebut," kata Irawan.

Sementara itu di tempat berbeda Tim Kesehatan Lantamal IV juga terus melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pulau Karas sedangkan Tim Dispotmar melaksanakan penyuluhan bela Negara dan keselamatan pelayaran serta penjelasan batas-batas wilayah NKRI sehingga diharapkan masyarakat pulau karas mengerti.

Danlantamal IV juga sudah menganggendakan Kal Pintar milik Lantamal IV akan mengunjungi pulau-pulau lain, namun akan disesuaikan dengan kondisi cuaca dan gelombang demi keamanan dan keselamatan.

"Masyarakat di pulau mempunyai hak mendapatkan pelayanan yang sama dengan masyarakat lain. Tentunya harus kami upayakan agar bisa membantu mereka," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE