Tim Navy Jakarta Juara Umum Perahu Naga

id Tim,Navy,Jakarta,Juara,Umum,Perahu,Naga,dragon,boat,race,tanjungpinang

Kegiatan ini menarik perhatian banyak provinsi dan beberapa negara tetangga yaitu Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Tim Navy DKI Jakarta berhasil meraih gelar juara umum Balapan Perahu Naga 2016 di Sungai Carang Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, di Tanjungpinang, Senin mengatakan Dragon Boat Race (Balapan Perahu Naga), 21-23 Oktober, merupakan rangkaian Festival Bahari Kepri 2016.

"Kegiatan ini menarik perhatian banyak provinsi dan beberapa negara tetangga yaitu Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam," katanya.

Tim Navy DKI Jakarta mendapat hadiah berupa piala dan uang sebesar Rp50 juta.

Sementara juara II diraih Tim Jambi dengan hadiah Rp40 juga, sedangkan Tim Batang Hari menempati juara III dengan hadiah Rp25 juta.

Juara IV diraih Tim Kabupaten Siak Riau dengan hadiah Rp10 juta, dan juara harapan I dari tim Hiu Perkasa Tanjungpinang dengan hadiah Rp8 juta.

Tim Tanjung Balai Karimun meraih juara harapan II dengan hadiah Rp7 juta.

Juara harapan III diraih Tim Rajawali Bintan dari Kapupaten Bintan dengan hadiah sebesar Rp6 juta, dan juara harapan IV dari Tim Inhil jaya Tembilahan Riau dengan membawa pulang hadiah Rp4 juta.

"Dragon Boat Race mengangkat nama Kepri, khususnya Kota Tanjungpinang yang menjadi daerah sejarah, seperti sejarah Sungai Carang yang sejak zaman dahulu sudah menjadi pusat Kerajaan Melayu. Perairan Hulu Riau ini merupakan alur perdagangan," ujarnya.

Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah mengatakan Dragon Boat Race juga menjadi kegiatan yang dapat memperkuat hubungan antara daerah dan negara tetangga.

"Kegiatan berskala international dapat menunjang prestasi, juga merupakan salah satu potensi nasional yang memiliki multiefek positif, seperti pengembangan kepariwisataan, olah raga, perekonomian di sektor rill, potensi pesisir dan kebaharian, serta peningkatan hubungan persaudaraan antardaerah maupun antarnegara," katanya.

Lis mengatakan pelaksanaan Dragon Boat Race dievaluasi, baik dari kualitas dan kuantitas untuk meningkatkan partisipasi daerah lain mengikuti ajang bergengsi ini.

"Agenda tahunan ini akan terus dilestarikan dan dikembangkan," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE