Garuda Indonesia Cegah Kanker Serviks di Kepri

id Garuda,tanjungpinang,Indonesia,Cegah,Kanker,Serviks,Kepri

Ini juga untuk meningkatkan jumlah kasus (golongan masyarakat kurang mampu) dengan Pap Smear positif yang mendapat bantuan untuk layanan rujukan di Tanjungpinang
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pihak maskapai penerbangan Garuda Indonesia melalui program sosialnya bekerja sama dengan Rumah Sakit TNI AL Tanjungpinang dan Yayasan Kanker Indonesia mencegah dan mendeteksi dini kanker serviks.

Sosialisasi dan pelatihan untuk mendeteksi dini kanker serviks dilaksanakan di salah satu hotel di Tanjungpinang, Senin, selama tiga hari.

"Ini gerakan nasional untuk mencegah kanker serviks," kata Ketua Bagian Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Penny Marsetio saat membuka acara Pelatihan Deteksi Dini Kanker Serviks Dengan Metode Pap Smear dan Pelatihan Bagi Dokter dan Bidan se-Kepulauan Riau di salah satu hotel di Tanjungpinang.

Penny mengatakan secara umum kegiatan tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan, perubahan sikap dan perilaku masyarakat tentang kanker secara umum dan kanker serviks secara khusus.

Pengenalan teknis pelatihan, pemeriksaan gratis, seminar kanker serviks uteri dan masalahnya, anatomi dan histologi serviks uteri.

Selain itu, juga dilakukan berbagai deteksi dini kanker serviks uterib terapi lesi pra kanker, kanker pada perempuan dan kanker payudara dan deteksi dini kanker payudara, serta peran YKI dalam penanggulangan kanker.

"Sedangkan tujuan secara khusus kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga medis dan para medis dalam melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dengan metode Pap Smear dan IVA," katanya.

Dia mengatakan Garuda Indonesia, YKI dan RSAL berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker serviks dan penanggulangannya, meningkatkan jumlah perempuan yang melakukan Pap Smear/IVA meningkatkan cakupan "screening" serta deteksi dini kanker serviks.

"Ini juga untuk meningkatkan jumlah kasus (golongan masyarakat kurang mampu) dengan Pap Smear positif yang mendapat bantuan untuk layanan rujukan di Tanjungpinang," ujarnya.

Dia mengemukakan YKI Tanjungpinang dalam melaksanakan program penyuluhan penanggulangan kanker seviks memfasilitasi pelayanan Pap Smear atau IVA bagi daerah yang memiliki fasilitas untuk pemeriksaan Pap Smear.

Lebih lanjut Ketua Bidang Umum YKI pusat menyampaikan Yayasan Kanker Indonesia sebagai mitra pemerintah dalam penanggulangan penyakit kanker mempunyai misi yang berkaitan dengan upaya promotif, preventif (pencegahan) dan suportif di mana deteksi ini kanker sebagai upaya pencegahan sekunder menjadi salah satu prioritas kegiatan YKI.

Peserta kegiatan ini sendiri terdiri dari mahasiswa di kampus yang bergerak di bidang kesehatan, dan tenaga medis rumah sakit di Tanjungpinang.

"Target peserta yang diperiksa dengan metode itu sebanyak 250 orang," ujarnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE