Bukit Langkap Minta Alsintan Bantuan Mentan Disalurkan

id Bukit,Langkap,Minta,Alsintan,Bantuan,Mentan,Disalurkan

Bukit Langkap Minta Alsintan Bantuan Mentan Disalurkan

Caption: Sebuah traktor tua berusia 20 tahun menjadi alat pembajak sawah satu-satunya yang digunakan 5 kelompok tani Desa Bukit Langkap. (Antarakepri/Ardhi)

Sementara ini baru dua hektar yang ditanami padi. Kami membajaknya dengan traktor tua berusia 20 tahun, bantunan program tansmigrasi tahun 90an lalu
Lingga (Antara Kepri) - Petani Desa Bukit Langkap Kecamatan Lingga Timur minta pemerintah Kabupaten Lingga segera menyalurkan alat mesin pertanian (Alsintan) bantuan Mentan RI yang sudah tiba di Lingga sejak bulan lalu.

"Sementara ini baru dua hektar yang ditanami padi. Kami membajaknya dengan traktor tua berusia 20 tahun, bantunan program tansmigrasi tahun 90an lalu," kata Sudarmin, Kades Bukit Langkap, Jum'at.

Dia mengatakan, dari 12 hektar sawah yang saat ini sudah di cetak TNI AD, sulit untuk dibajak lebih cepat karena hand tractor yang digunakan petani hanya ada satu unit.

"Dengan traktor tua ini, lima kelompok tani kami saling bergantian meggunakannya. Sangat tidak efektif untuk mengejar target Mentan," ungkapnya.

Sementara itu, lanjutnya, hand traktor dan beberapa jenis alsintan bantuan Mentan RI untuk Kabupaten Lingga, sudah diterima Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) sekitar satu bulan lalu.

"Ada lima unit hand traktor bantuan Mentan. Tiga unit sudah diterima desa Sungai Besar, dua unit lagi masih di Dinas," terangnya.

Sudarmin mewakili petani di desanya berharap, Pemda segera menyerahkan alat tersebut agar petani dapat melanjutkan 10 petakan sawah yang belum terbajak.

"Minimal hand traktor yang ada di Dinas Pertanian itu dapat kami gunakan secepatnya. Memang idealnya satu kelompok diakomodir dua hand traktor. Tapi kami siap maksimalkan alat yang sudah tersedia itu," tutupnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE