Haripinto Dorong Lingga Tingkatkan Infastruktur Listrik

id Haripinto,Dorong,Lingga,Tingkatkan,Infastruktur,Listrik

Haripinto Dorong Lingga Tingkatkan Infastruktur Listrik

Caption: Anggota DPD RI Haripinto (kiri) berdiskusi dengan Kepala Bappeda Lingga (kanan) dan ketua DPRD Lingga, usai Reses di Dabosingkep Kabupaten Lingga, Jum'at (11/11) malam. (Antarakepri/Adhi)

Tadi saya sudah telpon area menejer PLN Kepulauan Riau. Untuk di Daik itu ada surplus daya, tapi masih sering mati. Durasinya juga cukup lama. Selain itu, banyak desa-desa di satu pulaunya yang belum kedapatan listrik
Lingga (Antara Kepri) - Anggota Komite IV DPD RI asal Kepulauan Riau, Haripinto mengharapakan rasio elektrifikasi negara sebesar 97 persen dapat ikut diserap hingga pelosok-pelosok desa di Kabupaten Lingga.

"Listrik merupakan infrastruktur dasar selain air dan konektivitas. Untuk mendukung kemajuan pembangunan di Lingga, infrastruktur ini harus kita penuhi dulu," kata dia, dalam agenda reses di Kabupaten Lingga, Jum'at malam.

Dia mengamati, kebutuhan listrik yang tersedia saat ini di PLN Dabosingkep sudah lumayan baik. Sedangkan di pulau Lingga yang merupakan ibukota kabupaten serta pusat pemerintahan, masih belum begitu memuaskan.

"Tadi saya sudah telpon area menejer PLN Kepulauan Riau. Untuk di Daik itu ada surplus daya, tapi masih sering mati. Durasinya juga cukup lama. Selain itu, banyak desa-desa di satu pulaunya yang belum kedapatan listrik," ungkapnya.

Untuk itu, dia mendorong pemerintah daerah menangkap kesempatan dari program prioritas pemerintah pusat menyediakan kebutuhan listrik hingga mencapai 97 persen selama periode lima tahun tersebut, lewat kucuran dana alokasi khusus (DAK).

"Kami minta pak Bupati menyurati DPD RI, agar dapat sama-sama kita kawal dalam menjemput dananya ke pusat," ungkap mantan anggota DPRD Kepri Dapil Lingga tersebut.

Dia menjelasakan, usulan DPD RI menaikkan persentase rasio elektrifikasi negara dari target awalnya hanya 94 persen saja, sudah menunjukkan dampak luar biasa bagi daerah-daerah di Kepri sejak dua tahun ini.

"Kami lihat dalam dua tahun berjalan, sudah nampak perkembangan cukup luar biasa. Memang di Lingga tidak terlihat, tapi di daerah lain sepeti Anambas dan Natuna sudah luar biasa," terangnya.

Dia yang mengaku memiliki perhatian khusus terhadap Lingga, megajak pemerintah setempat memperkuat kerjasama dengan DPD RI, agar pihaknya dapat mendampingi upaya Lingga memperbesar pendapatan sektor DAK melalui program prioritas Negara.

"Kami juga di Komite IV DPD RI akan menjaga terus kestabilan dana transfer ke daerah dan membantu memperbesar DAK melalui program-program prioritas," tutupnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE