Nyat Kadir Dukung KNPI Lingga Bentuk Koperasi

id Nyat,Kadir,Dukung,KNPI,Lingga,Bentuk,Koperasi

Nyat Kadir Dukung KNPI Lingga Bentuk Koperasi

Caption: Anggota Komsisi VI DPR RI, Drs H Nyat Kadir memberikan motivasi kewirausahaan kepada para pemuda, dalam kegiatsn resesnya di Daik Lingga bersama orgsnisasi pemuda, Minggu (13/11) malam. (Antarakepri/Ardhi)

Dukungan awal tersebut ia tunjukkan dengan bersedia mengakomodir proses pengurusan legalitas koperasi KNPI dan membiayai sewa gedungnya
Lingga (Antara Kepri) - Anggota Komisi VI DPR RI Nyat Kadir mendukung upaya KNPI Kabupaten Lingga membentuk koperasi pemuda, karena dinilai berpotensi menjadikan para pemuda ditanah kelahirannya tersebut lebih mandiri.

"Akan kita dorong. Sekarang ini pemerintah memprioritaskan pembangunan di sektor ekonomi kerakyatan. Adek-adek pemuda harus mamanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi wirausaha," kata dia, dalam agenda resesnya dengan sejumlah organisasi pemuda Kabupaten Lingga, Minggu malam.

Menurutnya, KNPI Lingga sebagai lembaga pemuda yang legalitas diakui oleh negara, mampu menciptakan lapangan kerja kedepannya.

Hal itu cukup beralasan, karena Kabupaten Lingga memiliki banyak sekali potensi yang dapat diolah menjadi sumber ekonomi baru masyarakat.

"Jangan dilihat Lingga hari ini, tapi lihat beberapa tahun kedepan," ungkap politikus fraksi Nasdem tersebut.

Dukungan awal tersebut ia tunjukkan dengan bersedia mengakomodir proses pengurusan legalitas koperasi KNPI dan membiayai sewa gedungnya.

Kita tidak bisa membantu seluruhnya, tapi kita upayakan," tuturnya.

Untuk kedepannya, dia juga akan mengupayakan bantuan-bantuan usaha kemandirian pada koperasi KNPI, sesuai bidang yang ia geluti di komisi VI saat ini.

"Tak hanya koperasi, tapi juga harus dibentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE)," singkatnya.

Sebelumnya, seiring perombakan struktur di tubuh KNPI Lingga usai Musyawarah Daerah (Musda II) di Pulau Benan pada bulan Oktober lalu, ketua KNPI Lingga yang di pimpin Safaruddin langsung bekerja dengan cepat.

Beberapa program kerja salah satunya yakni membentuk koperasi kepemudaan, terus disusun. Koperasi itu beranggotakan 300 pemuda dengan modal awal kepesertaan mencapai Rp 30 Juta.

Rencana kerja awal untuk koperasi tersebut, dikatakan Safaruddin, dengan memodali sejumlah usaha kecil menengah (UKM) seperti percetakan, perparkiran, bank sampah, hingga usaha ternak burung puyuh unggul, yang digerakkan oleh para pemuda di Lingga.

Sementara untuk program yang lebih besar, KNPI Lingga berencana mendukung konsep kerja Bupati Lingga di bidang perkebunan.

Peluang usaha tersebut cukup terbuka karena Bupati Alias Wello menyatakan akan mengakomodir beberapa hektar lahan di setiap kecamatan sebagai wadah kewirausahaan KNPI kedepan.

Jika program kerja koperasi ini mampu terealisasi, Safarrudin meyakini, akan mampu menyerap tenaga kerja yang lumayan.

"Kedepan nanti, kami ingin lebih mandiri dan tidak hanya menunggu uluran tangan dari pemerintah. Kami akan berupaya terus menangkap peluang demi peluang itu," singkatnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE