Stan Suku Laut Meriahkan Bazar HUT Lingga

id Stan,Suku,Laut,Meriahkan,Bazar,HUT,Lingga

Stan Suku Laut Meriahkan Bazar HUT Lingga

Caption: Pengunjung bazar HUT Kabupaten Lingga ke 13 berfoto bersama anak-anaknya diatas replika sampan kajang yang di pajang di stan bazar Suku Laut, Senin (14/11) malam. (Antarakepri/Ardhi)

Ini pertama kalinya kami tampil dalam kegiatan bazar. Sebelum ini tidak pernah
Lingga (Antara Kepri) - Stan bazar Suku Laut Selat Kongki Desa Penaah berhasil mencuri perhatian pengunjung bazar Hari Ulang Tahun Kabupaten Lingga ke 13, yang digelar di halaman kantor Bupati setempat.

"Ini pertama kalinya kami tampil dalam kegiatan bazar. Sebelum ini tidak pernah," kata Edy, ketua RT Selat Kongki Desa Penaah, Senin malam.

Meski tampil sederhana, namun stan dengan dinding atap nipah, dilengkapi sebuah replika sampan kajang suku laut itu menarik minat pengunjung untuk melihat berbagai foto-foto dan hasil olahan kreatif masyarakat Selat Kongki.

"Disini kami dibantu Kades Penaah, aktivis bu Densi Diaz dan timnya menyiapkan tempat. Mereka ikut memajang banyak foto-foto warga kami," terangnya.

Selain itu, di stan bazar juga terlihat beberapa jenis obat-obatan seperti obat nafsu makan, obat penyakit dalam, batu ginjal, serta obat kejantanan pria berbahan alami dari tumbuhan-tumbuhan laut.

Ada juga souvenir unik dari tanaman akar bahar berbentuk gelang, dan produk makanan laut seperti sotong kering.

Dia merasa cukup bangga masyarakatnya dapat berperan serta dalam memeriahkan HUT Kabupaten Lingga ke 13.

Menurutnya, keberadaan warga sukunya mulai di anggap ada san di perhatikan sebagai salah satu elemen masyarakat Lingga, tidak seperti 12 tahun kebelakang.

Terpisah, aktivis Buta Aksara Lensi Fluzianti atau yang akrab di sapa Densi Diaz oleh warga suku laut turut menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara yang menyediakan satu stan khusus untuk warga suku laut tersebut.

"Ini sedikit mendadak, jadi hanya mampu kami buat sederhana," ungkap Lensi.

Menurutnya, dengan tampil perdana di ajang pameran setingkat Kabupaten ini, Suku Laut dapat memberikan warna baru dalam kegiatan perayaan 13 tahun Kabupaten Lingga.

Dia juga mengharapkan perhatian pemerintah terhadap suku laut tidak hanya sebatas itu, namun dapat memberikan sentuhan lebih dalam seperti memberdayakan masyarakat dalam pengolahan produk kreatif agar tampil menarik untuk di pasarkan. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE