Menpar Dorong Kepri Tingkatkan Anggaran Pariwisata

id Menpar,Dorong,Kepri,Tingkatkan,Anggaran,Pariwisata

Seharusnya (anggaran pariwisata) di Kepri naik, harus pandai di industri maka kita unggul. Kepri itu unggul di turis. Wisman Kepri itu 20 persen Indonesia
Batam (Antara Kepri) - Menteri Pariwisata Arif Yahya mendorong pemerintah daerah di Kepulauan Riau meningkatkan anggaran pariwisata demi mendukung perkembangan potensi di daerah yang telah ditetapkan sebagai gerbang pariwisata bahari Indonesia.

"Seharusnya (anggaran pariwisata) di Kepri naik, harus pandai di industri maka kita unggul. Kepri itu unggul di turis. Wisman Kepri itu 20 persen Indonesia," kata Menteri di Batam, Kepri, Senin.

Kepri memiliki potensi wisata bahari yang sangat besar. Bahkan menteri menyebut wisata bahari kepri merupakan yang terbaik di Indonesia.

Kementerian Pariwisata juga menetapkan Kepri sebagai pintu gerbang wisata bahari Indonesia, karena memiliki keindahan pulau lengkap dengan pantai-pantai memesona dan kekayaan perairan, juga bawah laut.

"Aneh bila CEO di sini tidak memprioritaskan itu. Harus bandingkan berapa dialokasikan untuk apa," kata Menteri.

Pemerintah pusat sendiri menegaskan komitmennya untuk membangun pariwisata di Kepri dengan serangkaian promosi ke luar negeri.

Kemenpar, dengan menggandeng industri pariwisata juga merancang paket wisata murah ke Batam dan Bintan untuk dijual ke wisman Singapura.

Pemerintah juga menyiapkan agenda wisata untuk Kepri demi menarik minat wisman berkunjung ke provinsi yang berbatasan dengan empat negara tetangga itu.

"Untuk kegiatan akan diputuskan tanggal 6 hingga 7 di Rakornas. Agendanya minimal sama dengan tahun lalu. 'Calendar of event' Kepri bagus," kata Menteri.

Terpisah, Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyatakan pemerintah menyokong industri pariwisata melalui penyiapan infrastuktur yang layak.

Dukungan untuk pariwisata tidak melulu pada penyelenggaraan kegiatan hiburan atau sebagainya untuk menarik wisman, melainkan juga menyiapkan sara dan prasarana yang membuat wisman nyaman berlama-lama di Batam.

"Kalau infrastruktur bagus, wisman akan betah untuk tinggal,"kata Wali Kota. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE