Jalan Rantau Panjang Butuh Perhatian

id Jalan,Rantau,Panjang,Butuh,Perhatian

Jalan Rantau Panjang Butuh Perhatian

Salah seorang pejalan kaki melintasi jalan Desa Rantau Panjang Kecamatan Lingga Utara yang terlihat memprihatinkan. Jalan ini telah menjadi nadi perekonomian masyarakat desa setempat. (Istimewa)

Sekarang ini jalan Rantau Panjang mirip arena olahraga Offroad. Banyak parit bekas aliran air hujan di tengah jalan, di sekitar bukit mengalami longsor yang menyisakan beberapa meter saja badan jalan
Lingga (Antara Kepri) - Masyarakat di Kecamatan Lingga Utara khususnya Desa Rantau Panjang mengharapkan pemerintah daerah melakukan peningkatan dan perawatan terhadap fasilitas jalan lintas menuju desa tersebut pada tahun anggaran 2017 mendatang.

Saat ini, jalan utama penunjang perekonomian masyarakat desa itu dalam kondisi rusak parah dan beberapa ruas jalan mengalami longsor.

"Sudah seharusnya pemerintah memperbaiki jalan ini, karena merupakan akses darat satu-satunya menuju Desa Rantau Panjang," kata Yusri Mandala, Ketua KNPI Kecamatan Lingga Utara, dihubungi dari Daik, Kamis.

Menurut Yusri, sejak jalan itu dirintis dan dibuka oleh pemerintah Kabupaten Lingga sekitar 2014 lalu, belum terlihat adanya upaya peningkatan dan pemeliharaan untuk fasilitas tersebut.

"Sekarang ini jalan Rantau Panjang mirip arena olahraga Offroad. Banyak parit bekas aliran air hujan di tengah jalan, di sekitar bukit mengalami longsor yang menyisakan beberapa meter saja badan jalan," terangnya.

Bahkan, lanjutnya, parit besar bekas aliran air hujan telah memutus akses jalan yang diperkirakan sepanjang 6 kilometer tersebut.

"Masyarakat setempat sudah melakukan inisatif menyambung kembali jalan putus itu dengan beberapa batang kayu. Bentuknya sederhana, tapi cukuplah untuk sekedar bisa menyebrangi jalan," tuturnya yang berdomisili di desa tersebut.

Dia berharap, pemerintah dapat segera melakukan peningkatan terhadap jalan yang telah menjadi nadi perekonomian warga pesisir Lingga Utara itu.

Ditempat berbeda, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Lingga Indra Asmara Putra menjelaskan, fasilitas jalan menuju Desa Rantau Panjang saat ini sudah menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Kepri.

"Pemkab Lingga sangat memperhatikan kondisi jalan ini, namun kewenangannya sudah milik Provinsi. Jadi penanganannya dilakukan oleh Dinas PU Provinsi," ungkapnya.

Indra mengatakan, fasiltas jalan di Kabupaten Lingga yang saat ini statusnya menjadi jalan Provinsi tercatat sepanjang 236 kilometer lebih, termasuk fasilitas jalan menuju Desa Rantau Panjang.

Upaya Dinas PU Lingga sendiri, lanjut Indra, telah mengusulkannya kepada pihak Provinsi, terutama beberapa fasilitas jalan lain yang maauk dalam prioritas pembangunan daerah di tahun 2017.

"Sudah kami usulkan, terutama yang prioritas seperti fasilitas jalan lintas Lingga Timur. Kadi tak hanya jalan Rantau Panjang saja," ungkapnya.

Sejauh ini, progres dari usulan PU Lingga yang menunjukkan titik terang bakal terlaksana pada tahun depan itu yakni, jalan lintas timur Lingga.

"Itu sudah masuk dalam DAK Provinsi Kepri. Kami akan konsen 'lah menindaklanjuti itu," singkatnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE