Pelindo Gulirkan Rp700 Juta CSR 2016

id pelindo,gulirkan,csr,2016

Pelindo Gulirkan Rp700 Juta CSR 2016

Logo Pelindo I (Foto: antaranews)

Dana tersebut sudah kami berikan kepada sekitar 15 mitra usaha kami yang ada di wilayah kantor cabang Pelindo Tanjungpinang-Bintan
Bintan (Antara Kepri) - PT Pelindo I (Persero) Cabang Tanjungpinang-Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, menggulirkan Rp700 juta dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) selama 2016 sebagai pinjaman lunak tanpa bunga kepada pengusaha kecil.
         
"Dana tersebut sudah kami berikan kepada sekitar 15 mitra usaha kami yang ada di wilayah kantor cabang Pelindo Tanjungpinang-Bintan," kata General Manager PT Pelindo (Persero) Cabang Tanjungpinang I Wayang Wirawan, Minggu.
         
Menurut Wayan, bantuan kepada pelaku usaha tersebut diberikan secara bervariasi melalui program Bina Mitra dari CSR PT Pelindo cabang Tanjungpinang dengan melihat skala usaha.
         
Wayan mengatakan selama ini PT Pelindo I Tanjungpinang mengalami kesulitan dalam menggulirkan bantuan mitra. Disebabkan banyak dari pelaku usaha enggan melengkapi syarat untuk memperoleh bantuan, di antaranya jaminan sertifikat tanah.
         
"Padahal syarat yang kami minta supaya mereka serius, dan dana kami gulirkan ke pelaku usaha terkait benar-benar digunakan untuk usaha, bukan untuk konsumtif,"  tegasnya.
         
Kelengkapan syarat itu juga adalah untuk memastikan bahwa pemohon bantuan merupakan pelaku usaha yang jelas dan siap untuk maju walaupun skala usaha kecil.
           
Ke depan, PT Pelindo I cabang Tanjungpinang akan bersinergi bersama pemerintah daerah untuk fokus mengembangkan usaha kecil dan menengah di Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau.
        
"Sinergi dengan pemda ini sangat diharapkan,  untuk mempermudah kami memperoleh data pengusaha kecil yang sudah layak untuk mendapatkan bantuan," ujarnya.
         
Di wawancara terpisah penerima CSR Bina Mitra Pelindo (16/12) Isnawati Kasumi mengaku bahwa modal usaha yang diterima dari Pelindo sangat bermanfaat untuk mengembangkan usaha skala kecil dan menengah.
        
"Persyaratan yang diajukan dari Pelindo juga tidak sulit bila dibanding dengan perbankan," ujar Isnawati.
        
Selain itu, ia juga merasa terbantu dengan pinjaman modal dari Pelindo karena merupakan bentuk pinjaman lunak tanpa bunga.
        
"Kami berharap bantuan modal ini bukan hanya dari Pelindo,  tapi juga dari pemerintah daerah khusus kepada pelaku usaha kecil, karena untuk memulai usaha itu sangat sulit," tutur pemilik usaha boutique di Tanjungpinang tersebut.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE