Kapolda Kepri Minta Satuan Pengamanan Tingkatkan Kompetensi

id kapolda,kepri,minta,satuan,pengamanan,tingkatkan,kompetensi

Kapolda Kepri Minta Satuan Pengamanan Tingkatkan Kompetensi

Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian saat memberikan sambutan pada upacara Hari Ulang Tahun Satpam ke-36 di Polda Kepri, Jumat. (antarakepri/Larno)

Modul-modul khusus sudah ada. Perusahaan jasa pengamanan ingin satpamnya kualifikasi apa, kami ada modulnya. Dari latihan dasar (garda pratama) hingga latihan lanjutan
Batam (Antara Kepri) - Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian minta Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan meningkatkan kompetensi anggotanya mengingat tugas pengamanan khususnya Kawasan Ekonomi Khusus Batam semkin kompleks.
    
"Seluruh satpam harus meningkatkan kompetensi dan kemmpun teknik agar mampu menjalankan tugas dengan baik. Kemampuan berbahasa inggris juga penting," kata Kapolda usai memimpin upacara Hari Ulang Tahun Satpam ke-36 di Polda Kepri, Jumat.
    
Polda Kepri, kata dia, sudah menyiapkan modul-modul pelatihan bagi para satpam sesuai tingkatan yang diinginkan oleh lembaga penyalur jasa pengamanan.
    
"Modul-modul khusus sudah ada. Perusahaan jasa pengamanan ingin satpamnya kualifikasi apa, kami ada modulnya. Dari latihan dasar (garda pratama) hingga latihan lanjutan," kata dia.
    
Setiap personil satpam, kata dia, setidaknya harus mengikuti latihan dasar sebagai modal mengatasi segala ancaman saat mereka bertugas khususnya di Batam yang banyak perusahaan asing, dan aset-aset pening lain.
    
"Anggota satpam harus memiliki keterampilan, beretika. Buka tidak mungkin suatu saat jasa pengamanan ini berkembang hingga ke pengawal pribadi atau pengamanan khusus lain. Hal tersebut tentu harus didukung dengan kualifikasi yang baik sesuai standar," kata Sam.
    
Ketua Assosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujabi) Kepri, M Al Ichsan mengatakan saat ini baru sekitar 40 persen dari 17.000 satpam yang memiliki kompetensi, sementara garda madya baru sekitar 8 persen.
    
"Kami tengah persiapkan agar semua bisa mengikuti pendidikan. Kami akan tingkatkan kompetensi seluruh satpam di Kepri," kata dia.
    
Ia berharap, hingga lima tahun kedepan semua satpam sudah memiliki kompetensi sesuai dengan ketentuan.
    
"Kami juga sedang menertibkan badan usaha jasa pengamanan yang tidak terdaftar. Kami mengimbau pada perusahaan yang membutuhkan pengamanan agar menggunakan satpam dari perusahaan yang memiliki izin," kata Ichsan.
    
Wakil Ketua Assosiasi Profesi Sekuriti Indonesia (APSI) Kepri, Ahmad Arifin mengatakan jumlah satpam di Kepri yang ada saat ini sudah mencukupi untuk memenuhi permintaan jasa pengamanan berbagai instansi.
    
"Yang perlu dilakukan memang peningkatan kompetensi setiap anggota agar semakin profesional dalam bertugas," kata dia.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE