Lingga Berpeluang Tambah PAD Dari Retribusi Tower

id Lingga,Berpeluang,Tambah,PAD,Dari,Retribusi,Tower

Lingga Berpeluang Tambah PAD Dari Retribusi Tower

Sejumlah menara komunikasi milik swasta yang berada di tengah-tengah kota Daik Lingga. (Antarakepri/Ardhi)

Lingga sudah memiliki Perda nomor 7 tahun 2015 tentang menara telekomunikasi ini. Namun belum cukup kuat, sehingga harus di revisi kembali beberapa poinnya termasuk soal retribusi
Lingga (Antara Kepri) - Kabupaten Lingga berpeluang meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi pengelolaan menara telekomunikasi, kata Kepala Sub Bagian Komunikasi di Bagian Kominfo dan Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga, Adi Setiawan.

"Lingga sudah memiliki Perda nomor 7 tahun 2015 tentang menara telekomunikasi ini. Namun belum cukup kuat, sehingga harus di revisi kembali beberapa poinnya termasuk soal retribusi," kata dia di Daik Lingga, Jum'at.

Sejauh ini, pihaknya sudah mulai mempersiapkan usulan revisi Perda Tower tersebut, dan diusahakan rampung sebelum pertengahan tahun 2017.

"Rencana kegiatan dan anggaran (RKA) revisi Perda sudah masuk dalam APBD 2017. Akan kami upayakan secepatnya," ungkapnya.

Mengenai besaran retribusi yang akan diusulkan nantinya, menurut Adi, itu tergantung dari berapa besar anggaran daerah yang digunakan pada kegiatan pengendalian atau monitoring.

Saat ini, lanjutnya, jumlah menara telekomunikasi milik swasta di wilayah Kabupaten Lingga sebanyak 52 tower. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring peningkatan kualitas jaringan data 3G ke 4G.

Bahkan pada tahun ini juga sudah ada rencana Telkomsel menambah menara telekomunikasi khusus untuk mengaktifkan jaringan data 4G di Dabosingkep.

"Telkomsel sudah menghubungi kami. Mereka berencana mengusulkan penambahan tower jaringan 4G. Lokasinya sudah mereka tentukan di sekitar Desa Batu Berdaun. Kalau terealisasi, masyarakat Lingga akan dapat menikmati layanan akses data super cepat," tutupnya.

Dia berharap, usulan revisi Perda nomor 5 tahun 2017 tersebut dapat terlaksana dengan baik dan dapat diterapkan sesegera mungkin guna meningkatkan pendapatan daerah.

"Kontribusinya lumayan besar untuk PAD Kabupaten Lingga," tutupnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE