Dishub Targetkan Parkir Berbayar Aktif Mulai Maret

id Dishub,Targetkan,Parkir,Berbayar,Aktif,Mulai,Maret

Dishub Targetkan Parkir Berbayar Aktif Mulai Maret

Bupati Lingga Alias Wello didampingi Kadishub Lingga Yusrizal meninjau area parkir di wilayah pasar Dabosingkep, Selasa (10/1). (Istimewa)

Minimal bulan Februari kami sudah bisa melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sementara itu kami lakukan penertiban dan survei dulu
Lingga (Antara Kepri) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga menargetkan program parkir berbayar di sejumlah tempat umum aktif pada bulan Maret 2017 mendatang.

Kepala Dishub Kabupaten Lingga Yusrizal mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan survei pada sejumlah titik potensial di kota Dabosingkep dan Daik Lingga, agar penerapan program tersebut nantinya sesuai antara aturan, tarif dan lingkungan.

"Minimal bulan Februari kami sudah bisa melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sementara itu kami lakukan penertiban dan survei dulu," kata dia saat mendampingi Bupati Lingga meninjau kondisi perparkiran di pasar Dabosingkep, Selasa.

Menurutnya, tahun anggaran 2017 ini menjadi fokus pemerintah daerah untuk meningkatkan PAD dari beberapa sektor, termasuk dari penerimaan retribusi perparkiran.

Untuk itu, lanjutnya, Dishub menjadi salah satu lembaga pemerintah yang diharapakan tidak sekedar bersifat Cost Center (pusat biaya), tapi juga berperan sebagai profit center (pusat laba).

"Dishub ini merupakan salah satu harapan daerah sebagai sumber mendatangkan PAD," ungkapnya.

Secara teknis, dijelaskan Yusrizal, pengelolaan parkir tersebut akan diserahkan kepada pihak ketiga. Pihak dinas hanya sebagai pembuat dan pengawas kebijakan saja.

Sedangkan titik-titik yang menjadi target pemerintah daerah sementara ini di pasar Dabo, wilayah pertokoan dan di sejumlah pelabuhan yang belum diterapkan pemungutan parkirnya.

"Kami berharap penerapan parkir berbayar ini nantinya mendapat dukungan seluruh pihak. Ini sifatnya dari masyarakat untuk masyarakat," tutupnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE