Kemenag Tanjungpinang Tunggu Informasi Penambahan Kuota Haji

id kemenag,tanjungpinang,tunggu,informasi,penambahan,kuota,haji

Penambahan kuota ini tentu berpengaruh bagi jamaah yang antre berangkat tahun 2018, karena bisa saja sebagian bisa berangkat pada 2017
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, menunggu informasi lebih lanjut mengenai penambahan kuota calon haji tahun 2017.
         
"Penambahan kuota haji secara nasional pada 2017 sekitar 10 ribu, tetapi informasi lebih lanjut belum kami terima," kata Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang Muhammad Nasir, Selasa.
          
Oleh karena ituu Nasir belum bisa mengestimasi perolehan tambahan kuota haji Tanjungpinang tahun ini.
        
"Kami juga masih menunggu kebijakan kementerian agama untuk  pembagian dan penetapan kuota haji di setiap wilayah kota kabupaten," ujarnya.
          
Dalam hal ini, Nasir berharap penambahan kuota haji untuk kabupaten kota memadai, supaya jumlah jamaah bisa bertambah banyak.
         
"Penambahan kuota ini tentu berpengaruh bagi jamaah yang antre berangkat tahun 2018, karena bisa saja sebagian bisa berangkat pada 2017," ujarnya.
         
Pada wawancara terpisah, Kepala Kanwil Kemenag Kepulauan Riau Marwin Jamal membenarkan bahwa secara nasional kuota haji untuk Indonesia bertambah sekitar 10 ribu pada 2017.
        
"Tapi di Kepri belum ada penambahan, karena belum ada surat resmi dari pusat terkait penambahan kuota haji untuk 2017," kata Marwin Jamal.
          
Marwin mengatakan sebenarnya dalam kondisi normal kuota haji di Kepulauan Riau sebanyak 984 orang. Akan tetapi, disebabkan ada pemotongan 20 persen dari kuota tersebut, maka sejak 2013-2016  jumlah jamaah Haji Kepri sekitar 788 orang.
          
Terkait penambahan kuota haji secara nasional di 2017 tersebut, Marwin memperkirakan Kepulauan Riau bakal mendapatkan penambahan kuota haji sekitar 294 orang.
         
"Bila 10 ribu itu dibagi 34 provinsi, kemungkinan Kepri akan dapat sekitar 294 jamaah, kemudian baru dibagi dengan kabupaten kota lain," katanya.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE