Pelindo Setujui Relokasi Pelabuhan Internasional Karimun

id Pelindo,Setuju,Relokasi,Pelabuhan,Internasional,Karimun

Pelindo Setujui Relokasi Pelabuhan Internasional Karimun

Bupati Karimun Aunur Rafiq (tengah) bersama sejumlah pimpinan SKPD dan Dirut BUP menggelar pertemuan dengan Direksi PT Pelindo I Medan di Medan, Sumatera Utara, Selasa (17/1). (antarakepri.com/Istimewa)

Namun demikian, secara prinsip semua pihak mendukung dan menyetujui untuk segera merelokasi pelabuhan internasional maupun pelabuhan bongkar muat itu
Karimun (Antara Kepri) - PT Pelindo I menyetujui pelabuhan internasional di Taman Bunga, Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau dipindahkan ke lokasi baru.

"Pelabuhan bongkar muat Taman Bunga yang bersebelahan dengan pelabuhan internasional juga disetujui untuk direlokasi ke wilayah baru," kata Bupati Karimun Aunur Rafiq di Tanjung Balai Karimun, Selasa.

Bupati Aunur Rafiq menjelaskan, persetujuan tersebut terungkap dalam pertemuannya dengan Direktur Utama PT Pelindo I Medan Bambang Eko di Medan, Sumatera Utara, Selasa (17/1) yang juga dihadiri Direktur Keuangan PT Pelindo I Medan Syahputra dan General Manager PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun.

Menurut bupati, Direksi PT Pelindo I Medan akan menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut dengan meninjau kondisi pelabuhan bongkar muat dan pelabuhan internasional di Taman Bunga, Tanjung Balai Karimun.

Sementara itu proses relokasi dua pelabuhan tersebut, menurut dia, akan diawali dengan menyusun sebuah perencanaan dan berkonsultasi dengan konsultan.

"Namun demikian, secara prinsip semua pihak mendukung dan menyetujui untuk segera merelokasi pelabuhan internasional maupun pelabuhan bongkar muat itu," ucapnya.

Sebelumnya, pihak PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun telah mengadakan pertemuan dan pembahasan dengan Gubernur Kepri Nuridn Basirun terkait rencana pemindahan pelabuhan internasional di Taman Bunga ke kawasan Ranggam, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun.

Sedangkan pelabuhan bongkar muat juga telah disepakati untuk direlokasi ke Pelabuhan Kargo Parit Rempak di Sei Raya Kecamatan Meral yang dikelola PT Karya Karimun Mandiri (KKM) selaku Badan Usaha Pelabuhan milik Pemkab Karimun.

Pemindahan pelabuhan internasional maupun bongkar muat di Taman Bunga, menurut Aunur Rafiq, sangat mendesak mengingat kondisi dua pelabuhan itu sangat tidak layak, selain sempit juga berada di tengah kota yang menimbulkan kemacetan arus lalu lintas.

"Nanti akan ada MoU dengan PT Pelindo I Medan terkait pemindahan dua pelabuhan itu," ucap Bupati Aunur Rafiq.

Hadir dalam pertemuan dengan Direksi PT Pelindo I Medan, Kepala Dinas Perhubungan Karimun Fajar Harison Abidin, Direktur Utama PT KKM Indrawan Susanto dan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Energi Sumber Daya Mineral Karimun Muhammad Yosli. (Antara)

Editor: A Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE