Dishub Batam Berikan Bonus Khusus Juru Parkir

id dishub,batam,berikan,bonus,khusus,juru,parkir

Dishub Batam Berikan Bonus Khusus Juru Parkir

Ilustrasi - Juru parkir (Foto: jogja.antaranews.com)

Kalau tidak tercapai target 100 persen, maka penghasilannya akan dipotong
Batam (Antara Kepri) - Dinas Perhubungan Kota Batam mengupayakan pemberian bonus khusus untuk juru parkir yang berhasil mengumpulkan retribusi melebihi yang ditargetkan oleh pemerintah.
         
"Bila dia melebihi target, kami kasih apresiasi bonus, bisa saja bonusnya sangat besar. Bisa kami usulkan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Yusfa Hendri di Batam, Kamis.
         
Pemberian bonus itu guna meningkatkan kinerja juru parkir dalam memungut retribusi dari masyarakat yang memarkirkan kendaraannya di daerah-daerah yang sudah ditetapkan.
         
Pemerintah dan DPRD menilai, satu kelemahan sistem parkir di kota itu adalah juru parkir yang tidak maksimal dalam bekerja, dan menyetorkan hasil retribusi yang dikumpulkannya ke kas daerah.
         
Yusfa menyatakan ke depannya, pemerintah akan fokus pada peningkatan kinerja juru parkir, agar pelayanan parkir maksimal dan pendapatan asli daerah pun meningkat.
         
Selain menerapkan penghargaan dengan pemberian bonus, pemerintah juga akan memberikan sanksi kepada juru parkir yang dianggap tidak memenuhi target pemerintah.
         
Dinas Perhubungan akan merancang kontrak bersama dengan juru parkir mengenai target itu, agar lebih bertanggung jawab dalam menunaikan tugasnya.
         
"Kalau tidak tercapai target 100 persen, maka penghasilannya akan dipotong," kata Yusfa.
         
Namun, ia memastikan pemerintah tidak akan sewenang-wenang dalam menerapkan hukuman, melainkan mempertimbangkan kendala yang dihadapi juru parkir di lapangan, seperti bila terjadi hujan atau lainnya.
         
Dan untuk lebih mendisiplinkan juru parkir, Dishub rencananya akan membuat sistem tersendiri untuk memastikan seluruh petugas bekerja sesuai dengan waktunya.
         
"Misalnya, jukir tinggal menghidupkan alatnya dan dapat diketahui, dia mulai bekerja pukul berapa," kata mantan Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam itu.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE