Kapolri: Polda Kepri Perlu Diperkuat

id Kapolri,Polda,Kepri,Perlu,Diperkuat

Kapolri: Polda Kepri Perlu Diperkuat

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Pol Tito Karnavian (antarafoto/Rivan Awal Lingga)

Makanya tipe Kepri ditingkatkan agar mampu mengatasi segala tantangan ke depan. Secara bertahap personel juga akan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan
Batam (Antara Kepri) - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan tantangan Polda Kepri ke depan akan meningkat mengingat berada pada wilayah perbatasan dengan sejumlah negara termasuk potensi konflik Laut Tiongkok Selatan.

"Kami melihat ada dinamika luar negeri di Laut China (Tiongkok) Selatan dengan sejumlah negara, tentu harus diwaspadai meskipun Indonesia tidak termasuk di dalamnya," kata Kapolri usai mengukuhkan Polda Kepri menjadi tipe A di Mapolda Kepri, Jumat.

Menurut Kapolri, perubahan kepemimpinan Amerika tentu akan ada konsekuensi luar negeri yang akan berdampak pada Laut Tiongkok Selatan.

"Natuna juga akan jadi sentral ekonomi baru. Jadi Polda Kepri perlu penguatan. Dengan tipe A diharapkan kinerjanya lebih baik lagi," kata dia.

Selain tantangan konflik sejumlah negara di Laut Tiongkok Selatan berdekatan dengan Natuna, kata dia, Kepri yang berbatasan dengan berbagai negara juga memiliki potensi kejahatan antarnegara.

"Makanya tipe Kepri ditingkatkan agar mampu mengatasi segala tantangan ke depan. Secara bertahap personel juga akan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan," kata dia.

Kapolri juga minta Kapolda Kepri membuat konsep pengembangan personel sarana prasarana infrastrukur dan manajemen internal agar masyarakat semakin percaya.

"Tujuan akhirnya adalah agar kebijakan nasional di Kepri bisa didukung kepolisian polda. Jadi harus dibuat konsep pengembangan personel sarana prasarana sesuai kebutuhan," kata Tito.

Untuk mampu melaksanakan tugas dengan maksimal, kata dia, Polda Kepri juga harus menjaga hubungan baik dengan TNI, Pemerintah Daerah, Kejaksaan, serta unsur terkait.

"Semua harus rapatkan barisan agar bisa membuat Kepri bisa menjadi lebih cepat maju dibanding daerah lain. Diharapkan bisa jadi tujuan ekonomi baru," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE