Riono Minta BUMD Lingga Kembali Berfungsi

id Riono,Minta,BUMD,Lingga,Kembali,Berfungsi

Riono Minta BUMD Lingga Kembali Berfungsi

Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Drs Riono, usai memimpin rapat paripurna DPRD Lingga, awal Januari 2017 lalu. (Antarakepri/Ardhi)

Pemerintah daerah harus segera mengambil langkah-langkah agar BUMD ini bisa difunsikan lagi. Lembaga ini memiliki peran sebagai profit center
Lingga (Antara Kepri) - Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Drs Riono minta pemerintah setempat segera mengaktifkan kembali Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang sudah 10 bulan berstatus Quo.

"Pemerintah daerah harus segera mengambil langkah-langkah agar BUMD ini bisa difunsikan lagi. Lembaga ini memiliki peran sebagai profit center," kata dia di Daik Lingga, Senin.

Riono mengatakan, Pemda setempat harus bekerja ekstra untuk mencari sumber-sumber pemasukan daerah, guna mengimbangi minimnya anggaran APBD Lingga tahun 2017 ini, salah satunya dengan menjalankan peran perusahaan daerah.

Karena, dengan visi misi yang dibangun pemerintah setempat sekarang ini, akan membutuhkan biaya pembangunan yang cukup besar untuk merealisasikannya.

Menurutnya, BUMD memiliki kesempatan menjadi ujung tombak penghasil pemasukan daerah dengan menjalankan sektor-sektor usaha yang menjanjikan profit bernilai besar bagi daerah.

Namun, lanjutnya, harus tetap berlandaskan dua fungsi penyelenggaraan badan usaha negara yakni, fungsi profit dan sosial.

"Kami akan selalu mendukung, namun kami mengigatkan BUMD harus perhatikan dua fungsi penyelenggaraan usaha milik pemerintah ini. Dia (BUMD) harus memiliki fungsi pelayanan selain mencari keuntungan," tuturnya.

Untuk itu, Riono berharap, pemerintah mencari pimpinan perusahaan daerah yang mampu menjalankan dua fungsi tersebut secara bersamaan.

"Itu musti dicari Direktur yang bisa memahami dua sisi ini," singkatnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE