Senayang Dimekarkan Jadi Empat Kecamatan

id Senayang,Dimekarkan,Jadi,Empat,Kecamatan

Senayang Dimekarkan Jadi Empat Kecamatan

Bupati Lingga, Alias Wello menandatangani sejumlah berkas di ruang kerja Kantor Bupati Lingga. (Antarakepri/Ardhi)

Enam bulan kedepan sudah harus terbentuk dan akan langsung diakomodir dari APBD Perubahan
Lingga (Antara Kepri) - Bupati Lingga Alias Wello mengatakan wilayah Kecamatan Senayang segera dimekarkan menjadi empat kecamatan.

"Saya sudah instruksikan tim perumusnya dari Bagian Tata Pemerintahan Setda Lingga dan Camat Setempat. Target saya, sebelum APBD Perubahan sudah harus terealisir," kata dia di Daik Lingga, Jum'at.

Menurutnya, kebijakan pemekaran kecamatan ini merupakan langkah awal pemerintah daerah dalam menata pintu gerbang sebelah utara Kabupaten Lingga.

Karena, melalui kebijakan pemekaran itu diyakini akan mendukung percepatan pembangunan dan rentang kendali birokrasi pada wilayah-wilayah kecamatan baru.

"Enam bulan kedepan sudah harus terbentuk dan akan langsung diakomodir dari APBD Perubahan," ungkapnya.

Dalam konsepnya, gugusan kepulauan Senayang yang terdiri dari 369 pulau dan memiliki potensi andalan yang berbeda-beda ini, akan saling berpacu membangun sektor andalan masing-masing.

Khusus untuk pulau besar Sebangka, Alias menjelaskan, akan tumbuh dan berkembang menjadi pusat ekonomi baru Kabupaten Lingga.

Pulau tersebut juga akan ditempatkan satu organiasasi perangkat daerah (OPD) yakni Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lingga dan UPTD DKP Provinsi.

"Sebangka ini akan menjadi kota baru. Ada sentra pertanian, perkebunan holtikultura, industri pengalengan ikan, tambak garam, budidaya perikanan, peternakan dan pariwisata di pulau ini nantinya," tutupnya.

Untuk di ketahui, luas Kecamatan Senayang mencakup 27.892 Km2, dengan rincian luas daratan mencapai 396,11 Km2 dan lautan mencapai kurang lebih 27.496 Km2.

Kecamatan Senayang terdiri dari 369 pulau-pulau yang tersebar baik pulau besar maupun pulau kecil. 59 pulau diantaranya sudah berpenghuni, sedangkan 310 pulau belum berpenghuni. Secara administrasi, Kecamatan Senayang terdiri dari 19 Desa dan Kelurahan. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE