BPJS Berharap Mobile Skrining Dimanfaatkan dengan Benar

id bpjs,berharap,mobile,skrining,dimafaatkan,dengan,benar

BPJS Berharap Mobile Skrining Dimanfaatkan dengan Benar

Kepala Cabang Kantor BPJS Kesehatan Batam dan Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Tavip Hermansyah (antarakepri/larno)

Kuncinya adalah mengisi dengan data sebenarnya. Jangan membohongi diri sehingga datanya tidak akurat
Batam (Antara Kepri) - Kepala Cabang Kantor BPJS Kesehatan Batam dan Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Tavip Hermansyah berharap masyarakat menggunakan fitur mobile skrining dengan benar agar bisa mengetahui  riwayat kesehatan pribadi sesuai kondisi sesungguhnya.
        
"Fitur aplikasi yang bisa diunduh menggunakan android ini bertujuan sebagai skrining awal bagi pengguna kartu JKN-KIS agar mengetahui riwayat kesehatannya. Jadi, harus diisi dengan benar sehingga sesuai dengan kondisi sebenarnya," kata dia usai peluncuran fitur aplikasi Mobile Skrining di Batam, Rabu.
        
Menurut dia, skrining riwayat kesehatan merupakan salah satu upaya promotif preventif era jaminan kesehatan nasional sebagai upaya deteksi dini faktor risiko penyakit kronis seperti diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronik dan jantung koroner.
        
Tujuan dari program penyelenggaraan mobile skrining, kata dia, pertama, peserta dapat mengetahui secara langsung hasil skrining riwayat kesehatan setelah mengisi seluruh pertanyaan.
        
Untuk mendapatkan hasil yang sesungguhnya, masyarakat harus menjawab kuisioner sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.
        
"Kuncinya adalah mengisi dengan data sebenarnya. Jangan membohongi diri sehingga datanya tidak akurat," kata Tavip.
        
Jika sudah menjawab kuesioner tersebut, peserta dapat menindaklanjuti hasil skrining yang telah dilakukan dengan berkunjung ke fasilitas kesehatan terdaftar sesuai dengan yang ada di kartu JKN-KIS.
        
"Jika hasil risiko rendah peserta disarankan untuk menjaga pola hidup sehat dan aktifitas fisik secara rutin minimal 30 menit atau sesuai dengan indikasi," kata dia.
        
Namun, jika hasil risiko sedang/tinggi peserta disarankan berkunjung ke Fasilitas Tingkat Pertama (FKTP) untuk konsultasi dengan dokter seputar kondisi kesehatannya.
        
Ia mengatakan pelaksanaan skrining riwayat kesehatan ini bisa diunduh melalui aplikasi Mobile Skrining BPJS Kesehatan dengan telepon seluler yang menggunakan platform android.
        
"Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor hotline service BPJS Kesehatan atau datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat," kata Tavip.
        
Tavip menuturkan, pelaksanaan Mobile Skrining sangat bermanfaat karena mempermudah peserta untuk dapat mengetahui kondisi kesehatan dan risiko penyakit kronis sejak dini melalui handphone masing masing.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE