Wabup: Pemkab Siapkan Lahan Untuk Masyarakat Bertani

id Wabup,Pemkab,Siapkan,Lahan,Untuk,Masyarakat,Bertani

Wabup: Pemkab Siapkan Lahan Untuk Masyarakat Bertani

Wakil Bupati Lingga, saat ditemui Antara di ruang kerja kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga. (Antarakepri/Ardhi)

Jadi bagi masyarakat yang ingin berbuat, mendukung misi Lingga menjadi sentra pertanian holtikultura, pemerintah daerah akan berupaya menyediakan lahannya
Lingga (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Lingga siap menyediakan lahan untuk kelompok-kelompok masyarakat yang ingin turut serta mengembangkan sektor pertanian holtikultura, kata Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar.

"Jadi bagi masyarakat yang ingin berbuat, mendukung misi Lingga menjadi sentra pertanian holtikultura, pemerintah daerah akan berupaya menyediakan lahannya," kata dia di Daik Lingga, Jum'at.

Dia mengatakan, saat ini ibu-ibu PKK Kabupaten Lingga sudah mengajukan niatnya kepada daerah untuk menjalankan program kerja sektor pertanian, dengan membangun perkebunan seluas 4 Hektar.

Terlebih lagi, PKK memprioritaskan tanaman cabai untuk ditanami di atas lahan bantuan pemerintah daerah tersebut.

Menurut Nizar, jenis tanaman ini merupakan salah satu yang direkomendasikan daerah, karena selain memiliki peluang pasar yang luas, juga berpotensi mengatasi masalah Kepri dan nasional terkait inflasi harga cabai.

Bahkan, lanjutnya, pada tahun ini Kementrian Pertanian RI melalui Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyediakan cukup banyak bibit cabai.

"Di provinsi itu ada bibit cabai. Lingga berpeluang untuk mendapatkan itu. Bantuannya ditujukan kepada kelompok tani atau kelompok masyarakat yang berminat mengembangkan pertanian cabai," terangnya.

Selain PKK, dia mengatakan, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Lingga juga sudah ikut mengajukan permintaan alokasi lahan pertanian serupa.

"PKK sudah mempelopori. KNPI juga sudah mengajukan. Tinggal kelompok-kelompok lain kita harapkan menyusul," ungkapnya.

Dia berharap, masyarakat Kabupaten Lingga menangkap peluang-peluang serta kemudahan yang telah dihadirkan pemerintah setempat, agar kedepannya mampu meningkatkan sisi perekonomian masyarakat.

Dia juga berharap, melalui dukungan kelompok-kelompok masyarakat tersebut, cita-cita Kabupaten Lingga menjadi daerah rujukan pertanian holtikultura di Kepulauan Riau tercapai lebih mudah. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE