Bupati Minta Instansi Terdepan dalam Budaya Bersih

id Bupati,Minta,Instansi,Terdepan,adipura,Budaya,Bersih,karimun

Bupati Minta Instansi Terdepan dalam Budaya Bersih

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyerahkan peralatan kebersihan kepada peserta apel Gerakan Karimun Bersih di Coastal Area Tanjung Balai Karimun, Sabtu (4/2). (antarakepri.com/Rusdianto)

Jika lingkungan masing-masing kita sudah bersih. Secara otomatis, Karimun secara luas ikut bersih, masyarakat hidup sehat terhindar dari penyakit
Karimun (Antara Kepri) - Bupati Karimun, Kepulauan Riau, Aunur Rafiq meminta pimpinan dan staf kantor atau instansi pemerintah menjadi yang terdepan dalam budaya hidup bersih sehingga menjadi contoh bagi masyarakat setempat.

"Segenap aparatur sipil negara di kantor-kantor dan instansi saya persilakan untuk menyosialisasikan Gerakan Karimun Bersih. Jadikanlah Karimun Bersih ini sebagai budaya bagi seluruh lapisan masyarakat," kata dia di Tanjung Balai Karimun, Minggu.

Gerakan Karimun Bersih merupakan program unggulan Bupati Aunur Rafiq dan menjadi salah satu janji kampanye pada Pilkada yang lalu.

Gerakan Karimun Bersih, Beriman, Sehat, Indah dan Harmonis, itu menjadi slogan bagi Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim sejak keduanya dilantik sebagai bupati dan wakil bupati pada tahun lalu.

Program Karimun Bersih itu, menurut dia, tidak semata-mata untuk mengejar dan mempertahankan penghargaan Adipura yang telah diraih tahun lalu, tetapi menjadi program untuk mewujudkan Karimun yang bersih masyarakat dan lingkungannya.

"Jika lingkungan masing-masing kita sudah bersih. Secara otomatis, Karimun secara luas ikut bersih, masyarakat hidup sehat terhindar dari penyakit," ujarnya.

Pemerintah daerah sejak tahun lalu telah membentuk tim untuk menggencarkan Gerakan Karimun Bersih dengan mengadakan gotong royong secara bergantian pada lingkungan tertentu pada setiap Sabtu.

"Tak bosan-bosannya, saya terus mengajak dan mengimbau agar segenap ASN, Polri maupun TNI menjadi pioner dalam menggalakkan Gerakan Karimun Bersih," tuturnya.

Pada Sabtu (4/2), Aunur Rafiq memimpin apel akbar Program Karimun Bersih untuk tahap kedua di Coastal Area Tanjung Balai Karimun, dan diikuti jajaran ASN di lingkungan Pemkab Karimun, TNI, Polri, OKP, Ormas, dan instansi vertikal.

Menurut bupati, Gubernur Kepri Nurdin Basirun telah memilih Kabupaten Karimun sebagai tuan rumah bulan bakti gotong royong tingkat Provinsi Kepri pada Mei mendatang.

Penunjukan Karimun sebagai tuan rumah bulan bakti gotong royong, menurut dia, merupakan sebuah penghormatan dan penghargaan dari pemerintah provinsi kepada seluruh masyarakat Karimun.

"Mari kita bahu-membahu menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungan, sebagai bagian dari kegiatan bulan bakti gotong royong tingkat Provinsi Kepri," kata Aunur Rafiq.    

Pemerintah daerah juga telah meningkatkan sarana prasarana pendukung Program Karimun Bersih, seperti tempat sampah, dan alat angkut sampah. Untuk itu, dia mengimbau warga masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Bersih itu adalah budaya, untuk mewujudkannya membutuhkan kesadaran dari diri kita sendiri. Tanamkan budaya bersih kepada anak-anak kita sejak dini," katanya. (Antara)

Editor: Sri Muryono

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE