Lantamal Lakukan Pengobatan Gratis di Pulau Dendun

id lantamal,lakukan,pengobatan,gratis,pulau,dendun

Pengobatan gratis di Pulau Dendun dilaksanakan pada Kamis (9/2). Bakti sosial ini dilaksanakan secara rutin di pulau-pulau terpencil, dan jauh dari pusat pelayanan kesehatan
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Dinas Kesehatan dan Dinas Potensi Maritim Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV/Tanjungpinang melakukan pengobatan gratis  di Pulau Dendun, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.
         
Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI S Irawan, di Tanjungpinang, Jumat mengatakan pengobatan gratis dilakukan secara rutin kepada warga yang tinggal di pulau-pulau untuk meningkatkan kesehatan mereka.
         
"Pengobatan gratis di Pulau Dendun dilaksanakan pada Kamis (9/2). Bakti sosial ini dilaksanakan secara rutin di pulau-pulau terpencil, dan jauh dari pusat pelayanan kesehatan," katanya.
         
Menurut dia, Pulau Dendun dipilih untuk melaksanakan pengobatan gratis lantaran sulit dijangkau.
         
Perahu yang menjadi satu-satunya alat transportasi laut juga berukuran kecil dan dalam jumlah terbatas.
         
Kondisi itu yang menyebabkan terkadang warga yang sakit sulit menuju ke rumah sakit atau puskesmas, katanya.
         
Lantamal IV/Tanjungpinang juga menyediakan kapal yang dapat dimanfaatkan untuk mengantar warga yang sakit ke puskesmas terdekat.
         
"Kapal Angkatan Laut Pintar ini seyogyanya berdungsi seperti perpustakaan terapung, yang berkeliling mengunjungi pulau-pulau. Pelajar dapat membaca buku-buku pendidikan yanf tersedia di perpustakaan," ujarnya.

Irawan menjelaskan pengobatan gratis di Pulau Dendun, Kecamatan Mantang mendapat respons positif dari warga. Terbukti, tim medis berhasil melaksanakan pengobatan kepada 46 orang warga.
         
Mereka mengeluhkan penyakit antara lain faringitis, infeksi saluran pernafasan atas, hastritis, hipertensi, furun kelonis, urtikaria, rhematoid arthtritis, otitis eksterna, vertigo, dematitis, haemoroid eksterna dan osteo arthtritis.
         
Warga Pulau Dendun pun mengucapkan terima kasih kepada Lantamal IV yang telah melaksanakan pengobatan secara gratis, dan membantu pelajar dengan mendatangkan kapal perpustakaan terapung.
        
"Dua yang penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyatakat yakni kesehatan dan sumber daya manusia," katanya.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE