Ketua DPR Dorong Saipem Kerjakan Proyek Masela

id Ketua,DPR,kilang,minyak,Dorong,Saipem,Kerjakan,Proyek,Masela,karimun,setya,novanto

Ketua DPR Dorong Saipem Kerjakan Proyek Masela

Ketua DPR Setya Novanto (2 kanan) berbincang dengan Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq saat meninjau ke PT Multi Ocean Shipyard di Kecamatan Meral, Sabtu (18/2). (antarakep

Apa yang dilakukan PT Saipem cukup membanggakan dan luar biasa. Saya sebagai Ketua DPR men'support' PT Saipem mengerjakan blok Masela
Karimun (Antara Kepri) - Ketua DPR Setya Novanto mendorong perusahaan fabrikasi dan anjungan minyak lepas pantai PT Saipem Karimun Indonesia Branch (SIKB) mengerjakan proyek pembangunan kilang minyak Blok Masela.

"Apa yang dilakukan PT Saipem cukup membanggakan dan luar biasa. Saya sebagai Ketua DPR men'support' PT Saipem mengerjakan blok Masela," kata Setya Novanto dalam pertemuan dengan manajemen PT SIKB di Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Sabtu (18/2).

Setya Novanto mengapresiasi keberadaan PT SIKB sebagai salah satu perusahaan asing di Kawasan Perdagangan Bebas atau Free Trade Zone (FTZ) Karimun, yang memberikan kontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja dalam negeri.

Dia mengharapkan kepada manajemen SIKB untuk tetap memprioritaskan tenaga kerja dalam negeri sebagai bagian dari upaya mengurangi angka pengangguran.

PT Saipem yang sedang mengerjakan dua proyek besar, yaitu Proyek Combo pesanan Angola dan Proyek Jangkrik pesanan ENI Indonesia dan SKK Migas, menurut Setya Novanto telah mempekerjakan tenaga kerja mencapai 11.000 orang.

Kalau Blok Masela dikerjakan oleh SIKB, maka tentu berdampak positif karena akan merekrut tenaga kerja yang lebih banyak lagi, ucap Setya Novanto.

Dalam kesempatan itu, Branch Manager SIKB Ernesto De Franco, dalam paparannya menjelaskan, SIKB yang mulai beroperasi sejak Desember 2011, merupakan perusahaan fabrikasi pembuatan anjungan minyak dan gas lepas pantai.

Menurut Ernesto, perusahaan asal Italia tersebut tetap memberikan prioritas kepada tenaga kerja dalam negeri dalam mengerjakan proyek-proyek yang dikerjakan, bahkan PT Saipem juga memberikan pelatihan kepada tenaga kerja lokal sehingga memiliki kualifikasi dan kompetensi sesuai dengan bidang kerja yang dibutuhkan.

Tinjau Perusahaan Shipyard

Selain meninjau PT SIKB, Setya Novanto didampingi anggota Komisi V DPR Rumkono, Nurul Arifin dan sejumlah kader Golkar, juga meninjau dua perusahaan galangan kapal atau shipyard, antara lain PT Karimun Marine Shipyard (KMS) dan PT Multi Ocean Shipyard (MOS) yang juga beroperasi di Kecamatan Meral yang termasuk Kawasan Perdagangan Bebas Karimun.

Menurut Setya Novanto yang didampingi Bupati Karimun Aunur Rafiq, keberadaan perusahaan shipyard di Karimun patut menjadi perhatian Presiden Joko Widodo karena ia nilai memiliki potensi yang besar dalam pengembangan industri bidang kemaritiman.

"Industri perkapalan di Karimun merupakan sesuai yang luar biasa. Saya mendorong dan mengharapkan kepada industri ini yang nyata-nyata menunjukkan bahwa Karimun, melalui perusahan-perusahaan itu, mampu membuat kapal setidaknya untuk kebutuhan dalam negeri" ucapnya.

Setya Novanto melakukan kunjungan selama dua hari di Kabupaten Karimun, selain meninjau perusahaan di FTZ, Setya Novanto sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar juga menghadiri pelantikan pengurus DPD Partai Golkar Karimun, pengurus Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Karimun, pengurus Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) Karimun, pengurus Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Karimun pada Sabtu (18/2) di Hotel Aston Tanjung Balai Karimun.

Setya Novanto juga menghadiri acara bakti sosial berupa penyerahan santunan kepada 300 anak yatim di Pondok Pesantren Darul Taufik Kecamatan Meral pada Sabtu (18/2) sore.

Dan, mengikuti acara jalan santai pada Minggu (19/2) pagi, yang diselenggarakan Partai Golkar Karimun di Coastal Area Tanjung Balai Karimun dengan selingan hiburan dari grup band Boomerang yang sengaja didatangkan dari Jakarta.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Kepri Ansar Ahmad, sejumlah anggota DPRD Provins Kepri dan Kabupaten Karimun serta para kader Golkar tingkat provinsi maupun kabupaten. (Antara)

Editor: I.K Sutika

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE