Pemprov Jadikan "Coastal Karimun Run" Agenda Tahunan

id Pemprov,Coastal,Karimun,gubernur,kepri,nurdin,basirun,Run,Agenda,lari,Tahunan

Pemprov Jadikan "Coastal Karimun Run" Agenda Tahunan

Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Kakanwil Ditjen Bea Cukai Khusus Kepri Parjiya (kanan) dan Bupati Karimun Aunur Rafiq saat membuka lomba lari 5K dan 10K Karimun Coastal Run, Minggu (26/2). (antarakepri.com/Istimewa)

'Coastal Karimun Run' kita tetapkan sebagai agenda rutin tahunan. Tujuannya tidak hanya untuk mengembangkan olahraga khususnya lari atau marathon, tetapi untuk mendongkak kunjungan wisatawan mancanegara
Karimun (Antara Kepri) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan menjadikan kejuaraan lari "Coastal Karimun Run" yang digelar di Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepri, sebagai agenda tahunan berskala internasional.

"'Coastal Karimun Run' kita tetapkan sebagai agenda rutin tahunan. Tujuannya tidak hanya untuk mengembangkan olahraga khususnya lari atau marathon, tetapi untuk mendongkak kunjungan wisatawan mancanegara," kata Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat kunjungan ke Tanjung Balai Karimun, Kepri, Senin.

Coastal Karimun Run merupakan kejuaraan lari yang digelar pada Minggu (26/2) yang tidak hanya diikuti peserta lokal, tetapi pelari mancanegara seperti dari Kenya.

Kejuaraan tahunan ini semula merupakan agenda tahunan Kanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau, dalam rangka memperingati Hari Kepabeanan Internasional (HPI).

"Kami mengapresiasi Kanwil Ditjen BC Khusus Kepri yang tahun menggandeng pemerintah provinsi dan Pemkab Karimun untuk menyelenggarakan kejuaraan tersebut. Pemerintah provinsi mendorong agar kejuaraan ini diselenggarakan setiap tahun dengan skala internasional," katanya.

Nurdin mengatakan, kejuaraan "Coastal Karimun Run" diharapkan turut mendorong minat dan bakat generasi muda khususnya cabang olahraga lari.

Warga masyarakat, khususnya para pelajar dan pemuda antusias mengikuti kejuaraan yang dimulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan umum tersebut.

Dia mengharapkan, Coastal Karimun Run turut membantu upaya pemerintah daerah dalam mempromosikan objek wisata, khususnya di Kabupaten Karimun.

"Coastal area, tempat berlangsungnya kejuaraan ini, merupakan kawasan yang dibangun sebagai pusat kepariwisataan dan perekonomian masyarakat. Kita berharap kawasan ini makin maju dan dikenal hingga mancanegara," tuturnya.

Secara terpisah, penyelenggara lari 10K Coastal Karimun Run tingkat pelajar Hairul mengatakan, kejuaraan tersebut mendapat sambutan cukup antusias dari kalangan pelajar, yang ditandai dengan banyaknya pelajar yang mengikuti kejuaraan tersebut.

"Mereka tentu termotivasi dengan turut sertanya pelari dari negara lain," katanya.

Coastal Karimun Run 5K dan 10K yang digelar pada Minggu (26/2), memperebutkan hadiah uang tunai sebesar Rp150 juta, terdiri atas beberapa kategori.

Pemenang lari 10K kategori umum putra diborong pelari dari Kenya, antara lain juara I diraih David Kibet, juara II Stephen Munghatia Nkubitu dan juara II Daniel Kiprotich.

Untuk kategori putri 10K juga diborong pelari dari Kenya, masing-masing juara I Chintya Chelagat Towett, juara II Irene Kemunto Mogaka, juara III Naomi Wanbul Mariuki.

Kemudian, untuk lomba lari 5K kategori putra, juara I diraih pelari lokal Roy, juara II Maksum H Rofik dan juara III Forester Sianipar.

Sedangkan lari 5K kategori pelajar putra, diraih pelajar setempat Darwin, Andrian Nikola dan Ario Guno, dan kategori putri diraih Rosener Sela Novita pelajar SMA 1 Moro, juara II Laila Julaini dan juara III Zuziana yang juga pelajar dari Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun. (Antara)

Editor: Junaydi Suswanto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE