Lantamal IV Tangkap KM Lintas Laut 4

id Lantamal,IV,Tangkap,KM,Lintas,Laut,4,tni,al,tanjungpinang

Lantamal IV Tangkap KM Lintas Laut 4

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana S Irawan. (antarakepri.com/Niko Panama)

Dari hasil pemeriksaan terhadap muatan kapal, kapal tersebut mengangkut 26 batang H Beam, 62 lembar seng P.520 meter, 7 lembar rabung seng, 34 unit bar bending, 1 unit bar cutter
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Tim Western Fleet Quick Response Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (WFQR Lantamal) IV menangkap Kapal Motor Lintas Laut 4 di Perairan Pulau Penyengat, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Selasa.

Nakhoda KM Lintas Laut 4 ditangkap karena diduga melanggar Undang-Undang Pelayaran.

"Kapal kargo kayu milik MA berlayar dari Pulau Sambu dengan tujuan Tanjungpinang," ujar Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana S Irawan.

KM Lintas Laut 4 berkapasitas 26 ton memiliki lambung abu-abu, dan berbendera Indonesia, diamankan Tim WFQR Lantamal IV pada posisi 0'55 130''U - 104'26 273"T.

"Dari hasil pemeriksaan terhadap muatan kapal, kapal tersebut mengangkut 26 batang H Beam, 62 lembar seng P.520 meter, 7 lembar rabung seng, 34 unit bar bending, 1 unit bar cutter," ujarnya.

Tim WFQR Lantamal IV yang melaksanakan pemeriksaan menemukan beberapa pelanggaran, di antaranya nakhoda berlayar tanpa surat perintah berlayar. Surat perintah berlayar yang ada atas nama H, namun H tidak berada di kapal.

"Saat diperiksa kapal dinakhodai oleh M, yang tidak memiliki SKK karena jabatan sebenarnya adalah KKM dan kapal dilengkapi dengan sertifikat alat keselamatan kapal namun secara fisik nihil," ucapnya.

Irawan mengimbau seluruh pemilik dan nakhoda kapal dalam melaksanakan aktivitas di laut agar menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk keselamatan dan ketertiban administrasi.

"TNI AL yang memiliki kewenangan penegakan hukum di laut tidak akan segan-segan menindak setiap bentuk pelanggaran yang dilakukan," katanya.

Saat ini, kapal beserta seluruh anak buah kapal dan muatan kapal berada di Dermaga Yos Sudarso Markas Komando Lantamal IV Tanjungpinang untuk diselidiki lebih mendalam. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE