Equinox Tak Pengaruhi Suhu di Katulistiwa Lingga

id Equinox,Tak,Pengaruhi,Suhu,di,Katulistiwa,Lingga

Equinox Tak Pengaruhi Suhu di Katulistiwa Lingga

Data prediksi cucaca Stasiun BMKG kelas III Dabosingkep. (Istimewa)

Untuk hari ini, suhu berkisar 32,4°C. Masih dikategorikan normal untuk wilayah Indonesia. Baik utara maupun selatan masih relatif sama
Lingga (Antara Kepri) - Kepala Stasiun Metereologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Dabosingkep, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan fenomena Equinox yang terjadi hari ini, Selasa (21/3), tidak begitu mempengaruhi perubahan suhu di wilayah katulistiwa Kabupaten Lingga.

"Untuk hari ini, suhu berkisar 32,4°C. Masih dikategorikan normal untuk wilayah Indonesia. Baik utara maupun selatan masih relatif sama," kata dia dihubungi dari Dabosingkep, Selasa.

Dijelaskan Sahat, Equinox merupakan fenomena astronomi dimana posisi matahari berada tepat digaris Equator (katulistiwa) bumi.

Fenomena yang berpotensi meningkatkan suhu udara normal menjadi ekstrim mencapai 40°C itu, secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun yakni, tanggal 21 Maret dan 23 September.

Namun sejauh ini, menurut Sahat, Equinox belum memberi pengaruh pada peningkatan suhu udara di Indonesia, meskipun beberapa daerahnya berada tepat di lintasan garis katulistiwa, termasuk Kabupaten Lingga.

"Kalau di Indonesia, suhu udara berkisar 32-36°C. Masyarakat tidak perlu khawatir sampai 40°C. Alasannya karena secara umum wilayah Indonesia cenderung masih lembab dan basah. Bahkan sebagian daerah sedang mengalami musim pancaroba," ungkapnya.

Mengenai dampak pada kesehatan masyarakat, Sahat hanya mengimbau perbanyak mengkonsumsi air mineral untuk menambah cairan tubuh, agar terhindar dari dehidrasi. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE