BP Batam Upayakan Pelabuhan Punggur-Sekupang Segera Difungsikan

id BP,Batam,Upayakan,Pelabuhan,Punggur,Sekupang,Segera,Difungsikan

Saat ini pemeriksaan hasil pembangunan di lapangan sudah selesai. Namun hasilnya kan harus dirumuskan lebih lanjut. Yang jelas diupayakan agar segera bisa digunakan
Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan Batam mengupayakan agar terminal baru Pelabuhan Domestik Telaga Punggur dan Sekupang segera bisa digunakan sepenuhnya sebelum musim Mudik Lebaran 2017.

"Saat ini pemeriksaan hasil pembangunan di lapangan sudah selesai. Namun hasilnya kan harus dirumuskan lebih lanjut. Yang jelas diupayakan agar segera bisa digunakan," kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam Purnomo Andiantono di Batam, Senin.

Terminal Pelabuhan Domestik Telagapunggur yang berada pada sisi timur Pulau Batam dibangun tiga lantai dengan anggaran Rp64 miliar dengan luas bangunan 4.600 meter persegi diatas lahan 2,2 hektare. Pelabuhan ini juga dilengkapi dengan lift bagi penumpang.

Sementara Terminal Pelabuhan Domestik Sekupang yang berada pada sisi barat Pulau Batam dibangun dua lantai dengan anggaran sekitar Rp56 miliar.

Meskipun pembangunan terminal keduanya sudah selesai, namun masih ada sejumlah pekerjaan yang harus dilengkapi termasuk kelengkapan lain diluar kontrak pembangunan.

"Karena belum semua item masuk dalam kontrak pekerjaan yang sekarang. Jadi nanti (penggunaannya) menunggu pertimbangan pimpinan," kata dia.

Jika memungkinkan, bisa saja terminal baru digunakan sambil melengkapi item-item lain yang belum. Namun jika tidak memungkinkan tetap harus menunggu semua lengkap terlebih dahulu.

Untuk Terminal Pelabuhan Telaga Punggur saat ini yang belum ada adalah lapangan parkir dan pagar pembatas. Areal parkir yang ada masih semerawut karena belum dilakukan perataan termasuk pembongkaran terminal lama.

"Mudah-mudahan sebelum musim Mudik Lebaran semua sudah siap agar masyarakat pengguna merasa nyaman. Karena saat mudik bisanya penumpang membeludak," kata Andi.

Dua pelabuhan domestik tersebut merupakan pintu utama menghubungkan Batam dengan wilayah lain baik di Provinsi Kepri maupun Riau, dan Jambi.

Pelabuhan Telagapunggur menghubungkan Batam dengan Kota Tanjungpinang yang menjadi ibu kota Provinsi Kepri, Tanjunguban yang menjadi pintu masuk Kabupaten Bintan, Anambas, dan Dabo di Kabupaten Lingga.

Sementara Pelabuhan Sekupang menghubungkan Batam dengan sejumlah wilayah di Kabupaten Karimun Provinsi Kepri, Kuala Tungkal Jambi, dan sejumlah kota/kab di Provinsi Jambi. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE