Pemkab Karimun Bangun Pasar di Tanjung Batu

id Pemkab,Karimun,Bangun,Pasar,Tanjung,Batu,kundur

Pemkab Karimun Bangun Pasar di Tanjung Batu

Bupati Karimun Aunur Rafiq meletakkan batu pertama pembangunan pasar Tanjungbatu, Kecamatan Kundur, Jumat (24/3). (antarakepri.com/Rusdianto)

Kalau tidak direvitalisasi, kita khawatir muncul permasalahan baru seperti tumbuhnya kedai-kedai dan pasar dadakan di pinggir-pinggir jalan yang merusak keindahan dan tata ruang kota. Jadi, biarlah kita revitalisasi pasar yang lama
Karimun (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, akan membangun pasar tradisional di Tanjung Batu, Kecamatan Kundur, guna menggantikan pasar lama yang kumuh.

"Kita telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp10 miliar untuk pembangunan pasar Tanjung Batu tahap pertama, dengan rincian sekitar Rp3,9 miliar dari APBD dan sisanya anggaran Program Revitalisasi Pasar Rrakyat Kementerian Perdagangan yang dialokasikan dalam APBN 2017," kata Bupati Karimun Aunur Rafiq di Tanjung Balai Karimun.

Aunur Rafiq menjelaskan, pihaknya secara bertahap merevitalisasi pasar-pasar rakyat di daerah pulau sebagai bagian dari program pembangunan infrastruktur penunjang perekonomian masyarakat.

Pasar Tanjung Batu, Kecamatan Kundur, menurut dia, sudah selayaknya direvitalisasi mengingat kondisinya yang kumuh dan sempit.

Pembangunan pasar tersebut seyogianya akan dipindahkan ke lokasi yang lain, namun karena sulitnya mendapatkan lahan yang cocok, maka pemerintah daerah memutuskan untuk membongkar bangunan pasar lama dan menggantikannya dengan bangunan baru yang lebih representatif.

"Kalau tidak direvitalisasi, kita khawatir muncul permasalahan baru seperti tumbuhnya kedai-kedai dan pasar dadakan di pinggir-pinggir jalan yang merusak keindahan dan tata ruang kota. Jadi, biarlah kita revitalisasi pasar yang lama," katanya.

Pembangunan pasar Tanjung Baru tersebut, nantinya akan dilanjutkan dengan pembangunan infrastruktur penunjang, seperti drainase yang memadai dan pembangunan area untuk pasar malam atau akau.

Untuk sementara, para pedagang yang berjualan di pasar yang dikelola Perusda tersebut, direlokasi ke pelataran di depan dan sekitar balai pertemuan pemuda, tidak jauh dari bangunan pasar lama.

"Teknisnya ada pada Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perdagangan," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Karimun Muhammad Zulfan menjelaskan, proyek pembangunan pasar Tanjung Batu segera dilelang.      

Pembangunan pasar Tanjung Batu dengan satu lantai dan mampu menampung seratusan pedagang tersebut, menurut Zulfan, diharapkan dapat memacu pertumbuhan perekonomian masyarakat.

"Kita perkirakan pembangunan pasar sudah dimulai usai Lebaran, dan saat ini kita sedang memproses pelaksanaan dan relokasi para pedagang," kata dia.

Peletakan batu pertama pembangunan pasar Tanjung Batu dilakukan oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama Wakil Bupati Anwar Hasyim pada Jumat (24/3), sejalan dengan peresmian pembangunan Islamic Center Tanjungbatu, Kecamatan Kundur. (Antara)

Editor: Eddy Supriyatna Syafei

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE