BP Batam Komitmen Tumbuhkan Industri Galangan Kapal

id bp,batam,komitmen,tumbuhkan,industri,galangan,kapal

Dengan cara itu diharapkan mampu mengangkat industri di Batam termasuk galangan kapal yang menjadi salah satu tumpuan di Indonesia
Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan (BP) Batam berkomitmen menumbuh kembangkan sektor industri galangan kapal secara luas melalui dukungan kebijakan dan iklim usaha yang kondusif.
        
"Industri galangan kapal merupakan sektor strategis yang mempunyai peranan penting dalam mendukung terciptanya Indonesia sebagai poros maritim dunia," kata Kepala BP Batam Hatanto Reksodipoetro di Batam, Senin.
        
Menurut Hatanto, saat ini industri galangan kapal di Kota Batam tengah mengalami krisis dan penurunan yang disebabkan melemahnya perekonomian secara global.
        
BP Batam, kata dia, telah diperintahkan pemerintah pusat untuk memulihkan perekonomian terutama dari sektor industri galangan kapal yang dulunya mampu menyerap sekitar 230 ribu tenaga kerja.
        
Dalam waktu dekat kata Hatanto, BP Batam akan mengadakan pertemuan dengan pengusaha, investor, kontraktor membahas dan menemukan cara mengembalikan geliat indsutri di Batam.
        
"Dengan cara itu diharapkan mampu mengangkat industri di Batam termasuk galangan kapal yang menjadi salah satu tumpuan di Indonesia," kata Hatanto.
        
Ia mengatakan peresmian MV Iriana di galangan kapal PT Sumber Marine Shipyard, Tanjung Uncang, Batam. Kamis (25/3) diharapkan mampu memberikan nilai tambah ditengah-tengah industri galangan kapal saat ini yang sedang mengalami penurunan secara global.
        
MV Iriana adalah kapal dengan kapasitas cargo 10.000 DWT merupakan kapal angkut semen curah pertama dibangun di Indonesia yang menggunakan teknologi electric propulsion.
        
"Kami juga selalu membuka diri dan terus berupaya memberikan strategi khusus melalui forum dan koordinasi di tingkat pusat untuk tetap menjaga industri galangan kapal di Kota Batam," kata Hatanto.
        
Batam merupakan wilayah dengan jumlah Galangan Kapal terbanyak di Indonesia. Pada saat industri tersebut tengah buming ada lebih dari 100 perusahaan galangan kapal aktif beroperasi di Pulau Batam.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE