Bupati Karimun Minta Perkuat Kemitraan dengan Antara

id Bupati,Karimun,Perkuat,Kemitraan,berita,Antara,biro,kepri,aunur,rafiq

Bupati Karimun Minta Perkuat Kemitraan dengan Antara

Kepala Biro LKBN Antara Provinsi Kepri Evy Ratnawati Syamsir, Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Sekda Muhammad Firmansyah berbincang dalam temu ramah di kediaman dinas bupati, Tanjung Balai Karimun, Jumat (31/3). (antarakepri.com/Rusdianto)

Secara pribadi saya cukup dekat dan terbuka, masukan dan kritikan dari teman-teman pers sangat diharapkan
Karimun (Antara Kepri) - Bupati Karimun, Kepulauan Riau,  Aunur Rafiq meminta jajarannya, terutama Bagian Humas Sekretariat Daerah memperkuat kemitraan dengan Perum LKBN Antara dalam menyampaikan informasi pembangunan.

"Kerja sama pemerintah daerah dengan Antara sudah terjalin cukup baik, dan perlu terus diperkuat sehingga program pembangunan dapat diketahui masyarakat," kata Aunur Rafiq ketika menerima audiensi Kepala Biro Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Provinsi Kepri Evy Ratnawati Syamsir di Tanjung Balai Karimun, Jumat.

Peranan media, tidak terkecuali Perum LKBN Antara, dia nilai sangat strategis dalam mendorong tercapainya visi dan misi pembangunan, mewujudkan Kabupaten Karimun sebagai pusat perekonomian berbasis kemaritiman yang terdepan berlandaskan iman dan takwa.

Aunur Rafiq menilai program pembangunan yang telah dilaksanakan dengan baik juga tidak terlepas dari peranan media yang menyajikan informasi secara proporsional, objektif dan berimbang.

Dia juga mempersilakan para jurnalis Antara memberika kritik yang konstruktif, sebagai masukan dalam menyusun perencanaan pembangunan ke depan.

"Secara pribadi saya cukup dekat dan terbuka, masukan dan kritikan dari teman-teman pers sangat diharapkan," kata dia seraya menyebutkan beberapa nama pewarta Antara yang bertugas di Kabupaten Karimun.

Pada kesempatan itu, Aunur Rafiq juga mendorong peningkatan kerja sama Antara dengan Radio Canggai Putri, radio milik daerah yang telah memiliki perizinan lengkap dari Kementerian Komunikasi dan Informasi.

"Pak Eko (Kabag Humas), pelajari perluasan dan jangkauan radio lokal di Tanjungbatu (Kecamatan Kundur), berita-berita dari Antara bisa disiarkan lebih luas kepada masyarakat," ujarnya sambil melirik Kabag Humas Eko Riswanto yang turut hadir dalam audiensi itu yang turut didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Muhammad Firmansyah.

Sekda Muhammad Firmansyah mengatakan hubungan antara pemerintah daerah dengan Antara cukup baik.

"Antara sering membuat berita yang berisikan kritikan, tapi kritikan itu justru menjadi masukan bagi kami. Kritikan yang disampaikan bukan berita miring, tapi valid dan objektif," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala LKBN Antara Biro Kepri Evy Ratnawati Syamsir mengapresiasi dukungan bupati terhadap LKBN Antara yang telah lama menjalin kerja sama penyebarluasan informasi pembangunan di Kabupaten Karimun.

"Antara sedang melakukan penguatan, baik di bidang usaha maupun keredaksian. Sebagai kantor berita nasional, Antara memiliki peran sebagai penyampai informasi dengan pelanggan media cetak, 'online' maupun elektronik," kata dia.

Antara di masa kini, menurut Evy, dituntut untuk memperkuat posisinya sebagai kantor berita yang memiliki ratusan pelanggan media cetak, "online" dan elektronik, sekaligus dituntut memperluas usaha sebagai sumber pendapatan bagi perusahaan.

LKBN Antara Biro Kepri akan memperkuat portal www.antarakepri.com, yang didukung portal pusat www.antaranews.com dan www.antarafoto.com, sebagai salah satu media untuk menyebarluaskan informasi secara langsung kepada masyarakat.

LKBN Antara Kepri juga dilengkapi dengan koran Indonesia Kini yang semula berbentuk koran sisipan di Harian Tribun Batam.

Tahun ini, kata dia, koran Indonesia Kini tidak lagi sisipan, tetapi dicetak langsung di Jakarta dengan sajian berita lebih menarik dan lengkap.

"Koran Indonesia Kini dikirim dari kantor pusat lewat pos, selanjutnya disebarluaskan kepada mitra kerja sama," kata dia.

Selain itu, Antara juga telah melakukan ekspansi usaha dengan mendirikan Antara TV yang dapat ditonton melalui provider televisi berbayar.

"Program yang disiarkan di Antara TV sangat menarik. Antara TV itu seperti TVRI zaman dulu, tapi isinya sangat positif," kata Aunur Rafiq menanggapi kehadiran siaran Antara TV melalui TV kabel yang memiliki puluhan ribu pelanggan di Kabupaten Karimun.

Aunur Rafiq mengharapkan Antara TV juga memberi ruang bagi Kabupaten Karimun dalam kaitan penyebarluasan kebutuhan pembangunan dan aspirasi masyarakat daerah perbatasan tersebut.

Hadir dalam audiensi tersebut redaktur LKBN Antara Agustinus Jo Seng Bie beserta kru LKBN Antara Biro Kepri. (Antara)

Editor: A Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE