Program Pendidikan Pemilih Kepri Libatkan Dua Kampus

id Program,Pendidikan,Pemilih,Kepri,Kampus

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) juga terlibat dalam melaksanakan program itu. Semakin banyak kampus yang terlibat akan semakin baik
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau melibatkan Universitas Maritim Raja Ali Haji dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIPOL) Raja Haji Tanjungpinang dalam melaksanakan program pendidikan pemilih.

Komisioner KPU Kepri Marsudi, di Tanjungpinang, Sabtu, mengklarifikasi informasi yang sempat menyebar pada sejumlah media massa bahwa kerja sama dalam melaksanakan program pendidikan pemilih seolah-olah hanya dilakukan bersama STISIPOL Raja Haji.

"Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) juga terlibat dalam melaksanakan program itu. Semakin banyak kampus yang terlibat akan semakin baik," katanya.

Ia menjelaskan program pendidikan pemilu untuk melahirkan pemilih yang cerdas dan bijak dalam menghadapi pesta demokrasi. Pemilih diharapkan menggunakan hak suara sesuai dengan keinginannya, bukan disebabkan intervensi dalam bentuk apapun.

Selain itu, kata dia pemilih juga diharapkan mendukung penuh program penyelenggara pemilu dan pemerintah untuk menolak politik uang.

"Kami optimistis pemilih di Kepri akan semakin cerdas dalam menggunakan hak pilih," katanya.

Marsudi menambahkan nota kesepahaman yang dibangun dengan UMRAH dan STISIPOL Raja Haji juga berhubungan dengan partisipasi pemilih. Kerja sama yang terjalin diharapkan mampu mendorong partisipasi pemilih baik dari kalangan generasi muda maupun masyarakat umum.

"Pemilih pemula harus mendapatkan pendidikan politik tentang kepemiluan sehingga mereka semangat menggunakan hak suara, dan ikut mengawasi pelaksanaan pesta demokrasi," ujarnya.

Ia mengatakan peranan kampus dalam menyukseskan pemilu sangat besar. Menyadari hal itu, KPU Kepri menggalang pihak kampus untuk bersama-sama menyukseskan pemilu.

"Kami berharap Pilkada Tanjungpinang tahun 2018 berjalan sukses," ucapnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE