Bawaslu Ingatkan Pemkot Tanjungpinang Serius Tangani E-KTP

id bawaslu,ingatkan,pemkot,tanjungpinang,serius,tangani,ktp

Bawaslu Ingatkan Pemkot Tanjungpinang Serius Tangani E-KTP

Komisioner Bawaslu Kepri Indrawan (istimewah)

Termasuk kesalahan lain yang harus diatasi, seperti satu orang menggunakan hak suara lebih dari satu kali
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Badan Pengawas Pemilu Kepulauan Riau mengingatkan Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk serius menangani perekaman KTP berbasis elektronik (e-KTP) karena sudah semakin mendekati pelaksanaan tahapan pilkada.
        
Komisioner Bawaslu Kepri Indrawan, di Tanjungpinang, Rabu, mengatakan permasalahan perekaman e-KTP harus diatasi agar warga yang memiliki hak pilih memenuhi persyaratan untuk menggunakan hak suaranya.
        
"Kami mendapat informasi ada 30 persen penduduk yang memenuhi persyaratan untuk memperoleh e-KTP, tetapi belum direkam karena kendala teknis di Dinas Kependudukan Tanjungpinang. Ini potensial menimbulkan permasalahan bila tidak segera diatasi," katanya.
        
Indrawan juga menyinggung surat keterangan yang diberikan kepada warga yang belum dapat merekam e-KTP. Surat keterangan tersebut harus diatur dengan baik sehingga tidak menimbulkan permasalahan.
        
"Jangan sampai ada peluang surat itu dipergunakan untuk kepentingan tertentu pada pilkada," ujarnya.
        
Pengaturan juga sebaiknya dilakukan oleh KPU Tanjungpinang untuk mencegah orang-orang yang tidak memiliki hak pilih dapat menggunakan hak suaranya.
        
"Termasuk kesalahan lain yang harus diatasi, seperti satu orang menggunakan hak suara lebih dari satu kali," katanya.
        
Terkait permasalahan itu, Wakil Wali Kota Tanjungpinang Syahrul mengatakan pihaknya fokus menyelesaikan permasalahan itu terkait kepentingan pilkada. Saat ini, tim dari Dinas Kependudukan Tanjungpinang masih melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk mengatasi permasalahan itu.
        
"Kendalanya bukan di Dinas Kependudukan Tanjungpinang, melainkan dari pusat. Karena itu, tim masih melakukan koordinasi agar diperoleh solusi," katanya.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE