Kepri Sebaiknya Garap Bisnis Pandu Kapal

id kepri,sebaiknya,garap,bisnis,pandu,kapal

Kepri Sebaiknya Garap Bisnis Pandu Kapal

Ketua Komisi II DPRD Kepri Ing Iskandarsyah saat menyalami sejumlah mahasiswa peserta seminar teknologi yang digelar Komunitas Bakti Bangsa di Tanjungpinang belum lama ini. (Niko)

Pemprov Kepri harus mengambil bagian dari bisnis itu untuk meningkatkan pendapatan daerah minimal 50 persen dari Rp1 triliun dari target pendapatan di sektor itu
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Riau menyatakan pemerintah daerah sebaiknya menggarap bisnis pemanduan kapal di Selat Malaka dan perairan yang berbatasan dengan Singapura untuk meningkatkan pendapatan daerah.
        
Ketua Komisi II DPRD Kepri Ing Iskandarsyah, di Tanjungpinang, Rabu, berharap pemerintah daerah jangan hanya  menjadi penonton di daerahnya sendiri dalam bisnis jasa pemanduan kapal tersebut.
        
"Pemprov Kepri harus mengambil bagian dari bisnis itu untuk meningkatkan pendapatan daerah minimal 50 persen dari Rp1 triliun dari target pendapatan di sektor itu," katanya.
        
Dia mengemukakan pandu kapal dapat menjadi sumber pendapatan baru di Kepri. Bahkan bila dikelola secara maksimal, bisnis ini dapat menjadi salah satu sektor yang diandalkan di Kepri.
        
"Kepri membutuhkan anggaran yang besar untuk membangun insfrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kalau ini dikelola dengan baik, Kepri tidak akan terlalu berharap anggaran dari pusat," ucapnya.

Dorongan agar Pemerintah Kepri mengelola sektor pandu kapal itu tidak hanya sekadar wacana tanpa persiapan. Saat ini, menurutnya Kepri memiliki cukup banyak sumber daya manusia yang dapat mengelola bisnis pemanduan kapal, apalagi jumlah kapten kapal yang berasal dari Kepri semakin banyak.
        
"Mereka kapten yang dapat diandalkan, punya pengalaman di tingkat nasional dan internasional. Jadi tidak ada alasan Kepri hanya menjadi penonton dalam bisnis itu," ujarnya.
        
Iskandarsyah yang juga Wakil Ketua Partai Keadilan Sejahtera ini mengemukakan untuk program jangka pendek berdasarkan persediaan dan kesiapan SDM yang dimiliki Kepri, maka seharusnya Pelindo sebagai operator dalam pemanduan harus melibatkan mereka.
        
"Ini akan mengurangi angka pengangguran di Kepri, dan potensial meningkatkan kesejahteraan masyarakat masyarakat," ujarnya.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE