Disdukcapil Tanjungpinang Siap Reformasi Pelayanan Seminggu

id Disdukcapil Tanjungpinang, Siap, Reformasi, Pelayanan, Seminggu

Disdukcapil Tanjungpinang Siap Reformasi Pelayanan Seminggu

Kepala Disdukcapil Tanjungpinang Irianto (Aji Anugraha)

Saya yakin, upaya mereformasi Disdukcapil selesai dalam seminggu, ada beberapa upaya yang akan dilakukan, terkecuali anggaran
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang, Irianto siap menerima tantangan pimpinannya, Wali Kota Lis Darmansyah untuk mereformasi pelayanan dalam waktu seminggu.

"Saya yakin, upaya mereformasi Disdukcapil selesai dalam seminggu, ada beberapa upaya yang akan dilakukan, terkecuali anggaran," kata Irianto saat ditemui di kantornya, Selasa.

Dia menambahkan langkah pertama dalam mereformasi Disdukcapil Tanjungpinang adalah melakukan peninjauan internal kepegawaian Disdukcapil dalam pelayanan.

"Peninjauan kerja ASN, petugas pelayanan di Disdukcapil yang suka mempersulit atau meminta imbalan dalam kepengurusan, indikasi pungli maka akan kami tindak tegas," katanya. 

Mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tanjungpinang ini juga akan berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Satpol PP untuk menambah pengamanan di Disdukcapil.

"Disdukcapil mengusulkan kepada BKD untuk melibatkan Satpol PP untuk pengamanan keamanan dalam pelayanan, ketika nyaman petugas merasa nyaman  dan pelayanan lancar," ungkapnya.

Kemudian dirinya juga akan berkoordinasi dengan BKD untuk menambah tenaga pelayanan di Disdukcapil.

"Minimnya tenaga pelayanan di Disdukcapil menjadikan pelayanan lamban, ketika ditambah, sehingga pemberkasan dapat selesai dalam satu atau dua hari, pelayanan juga berjalan dengan biak," ujarnya.

Sementara untuk kelengkapan sarana dan prasarana kependudukan, Irianto mengatakan akan mengusulkan pengadaan perlengkapan kependudukan kepada Wali Kota Tanjungpinang.

"Kami juga akan mereformasi sofwer atau sofart alat pencatatan kependudukan tang tersistem, selaib itu pengadaan printer komputer, penambahan alat perekam e-KTP, 4 komputer untuk mempercepat proses pelayanan," katanya

Sementara untuk pengajuan perlengkapan pendataan tersebut , Irianto mengupayakan usulannya dapat diterima Wali Kota Tanjungpinang.

"Percepatan Reformasi Disdukcapil dalam seminggu saya rasa tercapai meskipun jabatan saya taruhannya, tapi untuk perlengkapan alat tidak dapat secepat itu, butuh proses, semoga pak Wali Kota menyetujui," ujarnya.

Target percepatan pelayanan kependudukan tersebut, kata dia mempengaruhi target pendataan yang cukup signifikan.

"Saat ini ada 6 ribu blanko Kartu Keluarga yang tersedia, jika alat lengkap dan empat alat pencetakan tersedia, sehari dapat mencetak 240 belangko, dan dapat terrealisasi selama 150 hari kerja," ungkapnya.(Antara)

Editor: Niko

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE