Pemkab Lingga Gratiskan Biaya Masuk Sekolah

id Pemkab,Lingga,Gratiskan,Biaya,Masuk,Sekolah

Pemkab Lingga Gratiskan Biaya Masuk Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga, Kasiman, saat ditemui Antara di ruang kerja kantornya. (Antarakepri/Ardhi)

Ini ditujukan untuk menarik minat bersekolah bagi anak-anak di Kabupaten Lingga, dan sekaligus menjawab kelemahan ekonomi orang tua yang kesulitan membiayai pendidikan anaknya
Lingga (Antara Kepri) - Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga telah menyiapkan program masuk sekolah gratis di tingkat SD dan SMP Negeri se-Kabupaten Lingga pada tahun ajarang baru Juli 2017 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga,Kasiman mengatakan, program ini ditujukan untuk menarik minat bersekolah bagi anak-anak di Kabupaten Lingga, dan sekaligus menjawab kelemahan ekonomi orang tua yang kesulitan membiayai pendidikan anaknya.

"Anggaran sudah kami sediakan sekitar Rp3 Miliar lebih. Asumsi kami untuk biaya masuk sekolah satu orang murid lengkap dengan kebutuhan seragannya itu sekitar Rp1,4 juta," kata dia dihubungi dari Daik Lingga, Selasa.

Menurut Kasiman, minat bersekolah anak-anak di Kabupaten Lingga sudah cukup baik. Namun faktor ekonomi, lingkungan hingga sarana prasarana penunjang yang minim bisa menyebabkan anak-anak di daerah tersebut khususnya yang tinggal di wilayah pesisir dan pedalaman kehilangan minat bersekolah.

Program ini akan menjadi salah satu cara menarik minat anak maupun orang tua menyekolahkan anaknya," ungkapnya.

Selain masuk sekolah gratis, Dinas Pendidikan juga berupaya memenuhi kebutuhan sarana pendidikan untuk wilayah-wilayah kepulauan yang dinilai memenuhi keharusan.

Bahkan, bagi anak-anak yang tinggal di pulau-pulau yang belum mencukupi kriteria dibangun sekolah, Disdik Lingga mensiasatinya dengan menyediakan sara transportasi khusus pelajar.

"Bagi daerah yang tidak memenuhi kriteria wajib dibangun sekolah, kami sediakan pompong untuk berangkat ke sekolah terdekat. Tahun ini kami bantu 6 buah pompong untuk transportasi pelajar. Sudah kami anggarkan. nanti dilihat pulau mana yang paling membutuhkan" tuturnya.

Dia berharap, upaya ini memberi dampak baik pada peningkatan minat belajar generasi muda Indonesia di Kabupaten Lingga. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE