Karimun Gali Inovasi Pemuda Lewat Lomba TTG

id Karimun,Gali,Inovasi,Pemuda,Lewat,Lomba,TTG,teknologi,tepat,guna

Karimun Gali Inovasi Pemuda Lewat Lomba TTG

Lomba Teknologi Tepat Guna yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Karimun di Gedung Nasional, Tanjung Balai Karimun, Rabu (3/5). (antarakepri.com/Istimewa)

Kita akan dorong bagaimana produk yang dihasilkan bisa dijual di pasaran, tidak hanya untuk lokal tetapi alangkah lebih baik dan bernilai lebih jika dimanfaatkan di daerah lain
Karimun (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, menggali daya inovasi pemuda dengan menggelar Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) di Gedung Nasional, Tanjung Balai Karimun, Rabu.

"Ada 20 tim yang mengikuti lomba ini. Kami berharap ada inovasi yang muncul dari para pemuda dalam menciptakan sebuah produk yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar, dan kebutuhan daerah," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Karimun Suwedi, di sela kegiatan tersebut.

Suwedi mengatakan, perlombaan itu diikuti para pemuda dan kelompok masyarakat dari 12 kecamatan.

Selain menggali inovasi dan kreativitas para peserta, produk yang dihasilkan dalam lomba memiliki nilai ekonomis yang mendatangkan penghasilan bagi para peserta.

"Kita akan dorong bagaimana produk yang dihasilkan bisa dijual di pasaran, tidak hanya untuk lokal tetapi alangkah lebih baik dan bernilai lebih jika dimanfaatkan di daerah lain," ujarnya.

Dalam perlombaan ini, tim penilai akan menentukan para pemenang, dan produk yang mereka diciptakan kemungkinan bisa diproduksi secara massal untuk dipasarkan secara luas di tengah masyarakat.

Sementara itu, Asisten I Setkab Karimun, Muhammad Tang mengatakan, pemerintah daerah mendukung lomba tersebut.

Dia mengharapkan kepada para peserta lebih mementingkan manfaat barang yang akan diproduksinya sesuai dengan kebutuhan daerah setempat.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini nanti akan muncul teknologi baru yang belum ada di daerah ini," kata dia.

Dia juga mengharapkan pengembangan TTG tidak hanya di kalangan masyarakat perkotaan, tetapi juga menyentuh para pemuda di perdesaan.

Para peserta lomba TTG tersebut, adu kemampuan membuat berbagai produk, misalnya perabotan rumah.

"Kegiatan ini mengasah otak. Kami harus menyatukan ide agar bisa membuat sebuah produk yang baik dan inovatif," kata seorang peserta asal Kecamatan Karimun. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE