Dewan Minta Disperindag Fokus Awasi Harga Pasar

id Dewan,Disperindag,Fokus,Awasi,Harga,Pasar,tanjungpinang

Dewan Minta Disperindag Fokus Awasi Harga Pasar

Pedagang sayur di pasar lama Tanjungpinang (ilustrasi). (antarakepri.com/Aji Anugraha)

Saya minta kepada pengusaha jangan coba-coba menumpuk barang bahan pokok memasuki bulan suci Ramadhan. Karena yang dirugikan yaitu masyarakat
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Anggota Komisi II DPRD Kota Tanjungpinang M Syahrial, meminta Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) setempat fokus mengawasi harga pasar menjelang bulan Ramadhan 1438 Hijriah/2017.

"Ini untuk mengatasi lonjakan harga bahan pokok pada bulan Puasa Ramadhan yang bisa saja terjadi," tambahnya, di Tanjungpinang, Kamis.

M Syahrial menjelaskan Disperindag berperan penting dalam pengawasan harga bahan pangan pokok pada waktu tertentu, seperti pada bulan puasa agar tetap stabil. Kesetabilan harga dapat diciptakan melalui program operasi pasar.

"Dalam APBD tahun 2017 ini, akan dilaksanakan operasi pasar untuk mengatasi lonjakan harga," katanya.

Operasi pasar 2017, tambahnya, sudah menjadi program prioritas tahunan Pemkot Tanjungpinang. Dalam pengawasan nanti dia meminta kepada BUMD juga ikut membantu program tersebut

"Tapi yang paling berperan dalam pelaksanaanya yaitu Disperindag Tanjungpinang," ujarnya.

Syahrial yang juga ketua Fraksi PDIP di DPRD Tanjungpinang ini juga menegaskan kepada para pengusaha jangan mengambil kesempatan untuk mengambil keuntungan, seperti menimbun barang pangan yang diperlukan oleh masyarakat.

"Saya minta kepada pengusaha jangan coba-coba menumpuk barang bahan pokok memasuki bulan suci Ramadhan. Karena yang dirugikan yaitu masyarakat," tegasnya.

Menanggapi permintaan legislator Kota Tanjungpinang itu, Kepala Disperindag Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram menyatakan kesiapannya untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok.

"Pengawasan Disperindag pada dasarnya sudah dijalankan sejak dulu. Pengawasan petugas dilaksanakan 2 hari dalam seminggu, untuk melihat langsung kondisi pasar," katanya.

Dia menambahkan berdasarkan hasil "video confrence" yang dilaksanakan di Mapolres Tanjungpinang belum lama ini langsung terkoneksi ke pusat, menginstruksikan membentuk satgas pengawasan pasar.

"Ini menunjukkan bahwa perhatian pengawasan penuh pasar nantinya di bawah Satgas, dan itu untuk menghindari terjadinya pungli, penimbunan sembako dan sebagainya," ujarnya.

Menjelang Ramadhan, tambahnya, Disperindag akan lebih intens melakukan pengawasan bahan pokok di setiap pasar.

"Seminggu menjelang puasa nanti, kami sudah siapkan petugas bersama satgas untuk mengawasi pasar setiap satu hari dalam seminggu," ungkapnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE