Pangdam I: Tantangan Mempertahankan NKRI-Kebhinnekaan Semakin Besar

id Pangdam,I,Tantangan,bukit,barisan,Mempertahankan,NKRI,Kebhinnekaan,Semakin,Besar

Pangdam I: Tantangan Mempertahankan NKRI-Kebhinnekaan Semakin Besar

Pangdam I Bukit Barisan bersama Kapolda Kepri bercengkrama usai acara di Gedung Lancang Kuning Polda Kepri Senin, (8/5). (antarakepri.com/Danna Tampi)

Negara yang memiliki sumber daya besar seperti Indonesia saat ini menjadi incaran bagi bangsa lain yang ingin menguasai sumber itu. Sehingga tantangan ke depan bagi TNI-Polri untuk mempertahakan NKRI semakin besar
Batam (Antara Kepri) - Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Somantri mengatakan tantangan Indonesia untuk menjaga NKRI dan kebhinnekaan semakin besar dengan banyaknya sumber daya yang dimiliki.

"Negara yang memiliki sumber daya besar seperti Indonesia saat ini menjadi incaran bagi bangsa lain yang ingin menguasai sumber itu. Sehingga tantangan ke depan bagi TNI-Polri untuk mempertahakan NKRI semakin besar," kata Pangdam di Batam, Kepulauan Riau, Senin.

Hal itu disampaikan Pangdam saat menghadiri acara silaturahmi TNI-Polri dengan tema Meningkatkan Soliditas Polri dan TNI dalam rangka Mengantisipasi Radikalisme, Premanisme, serta Menjaga Kebhinekaan Guna Keutuhan NKRI di Mapolda Kepri.

"Pertumbuhan penduduk dunia yang pesat membuat semua negara berlomba-lomba memperoleh sumber daya untuk kehidupan. Sementara negara yang memiliki sumber daya mencukupi adalah yang berada pada kawasan ekuator termasuk Indonesia," kata Cucu.

Pada 2015 jumlah penduduk dunia sudah sekitar delapan miliar, setiap tahun pertumbuhannya semakin besar dan pada 2045 diperkirakan mencapai 12 miliar.

"Semua butuh makan, sementara sumber daya yang ada sebagian besar hanya pada negara kawasan ekuator seperti Indonesia. Itu tantangan besar untuk mempertahankan NKRI," kata dia.

Cucu mengatakan, saat ini banyak pihak yang ingin memanfaatkan TNI dan Polri selaku tonggak utama untuk menjaga keutuhan NKRI demi kepentingan politik dan bisnis tertentu.

"TNI-Polri masih kekuatan utama pemerasatu bangsa ini. Sehingga banyak pihak yang ingin menghancurkan dan mengadu domba antara dua lembaga ini untuk menghancurkan keutuhan NKRI. Baik dari sisi politik maupun bisnis," kata Cucu.

Dengan ancaman tersebut, ia meminta seluruh anggota TNI dan Polri untuk meningkatkan sinergitas, solidaritas, sehingga tidak mudah diadu domba pihak tertentu dengan tujuan menghancurkan NKRI.

"Jadi harus dipahami bersama karena TNI-Polri masih sangat diharapkan dalam mengawal NKRI. Tidak ada kata lain, selain meningkatkan sinergitas antar lembaga meskipun saat ini sudah terjalin baik," kata Cucu.

Satu bentuk sinergitas tersebut, kata dia, dapat ditunjukkan saat antar kesatuan atau antar lembaga memiliki kegiatan dan melibatkan pihak lain.

Dalam kesempatan yang sama Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian meminta seluruh kepala kesatuan menyosialsasikan sinergitas demi menjaga kebhinekaan dan NKRI dengan benar, agar tidak terjadi perselisihan.

"Sinergitas TNI-Polri saat ini sudah sangat baik. Meskipun demikian harus terus ditingkatkan mengingat tantangan semakin besar," kata dia.

Kapolda meminta seluruh kepala kesatuan agar memberikan pemahaman lebih mengenai pentingnya menjaga NKRI dan kebhinekaan sehingga tidak mudak diadu domba dengan pihak-pihak lain yang tidak ingin negara ini utuh.

Ia mengatakan, wilayah Kepri yang berbatasan dengan sejumlah negara juga rawan menjadi sasaran adu domba yang pada akhirnya merugikan Bangsa Indonesia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE