Polda Kepri Laksanakan Operasi Patuh Seligi

id Polda,Kepri,Laksanakan,Operasi,Patuh,lalu,lintas,Seligi

Polda Kepri Laksanakan Operasi Patuh Seligi

Kapolda Kepri Irjan Sam Budigusdian menyematkan pita kepada personel yang terlibat dalam Operasi Patuh Seligi 2017 dalam apel di Mapolda Kepri, Batam, Selasa (9/5). (antarakepri.com/Humas Polda Kepri)

Pastikan berkendara dengan baik agar tidak menjadi pelaku atau korban kecelakaan lalu lintas. Patuhilah segala peraturan dan rambu-rambu lalu lintas
Batam (Antara Kepri) - Polda Kepri beserta jajaran melaksanakan Operasi Patuh Seligi pada 9-22 Mei 2017 untuk menegakkan dan meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

"Jadi kami imbau masyarakat untuk melengkapi diri dengan surat-surat kendaraan, dan memastikan kendaraanya layak. Dalam operasi ini ditekankan penindakan bagi setiap pelanggaran guna menekan angka kecelakaan lalu lintas," kata Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian dalam Apel Operasi Patuh Seligi di Mapolda Kepri, Batam, Kepulauan Riau, Selasa.

Ia menjelaskan, permasalahan lalu lintas jalan raya yang kini banyak dihadapi antara lain terkait populasi kendaraan bermotor yang terus meningkat, sementara ruas jalan sangat terbatas. Itu berdampak pada kepadatan jalan raya dan bisa menimbulkan berbagai ancaman.

"Pastikan berkendara dengan baik agar tidak menjadi pelaku atau korban kecelakaan lalu lintas. Patuhilah segala peraturan dan rambu-rambu lalu lintas," kata dia.

Dengan operasi penegakan aturan berlalu lintas tersebut diharapkan angka kecelakaan di jalan raya bisa ditekan.

"Kesadaran pengguna jalan raya untuk patuh terhadap segala aturan kunci utamanya. Kepatuhan dalam berlalu lintas juga mencerminkan sejauh mana peradaban suatu bangsa," kata Sam.

Dalam kesempatan itu, ia meminta masyarakat turut mengawasi pelaksanaan Operasi Patuh Seligi dan melaporkan bila menemukan indikasi petugas tidak melaksanakan sesuai ketentuan.

"Silahkan awasi dan laporkan ke Propam jika memang ada pelanggaran oleh petugas yang melaksanakan operasi patuh. Kami sangat terbuka bagi masyarakat yang ingin mengawasi kinerja Polri," kata dia.

Sam tidak menampik masih ada persepsi masyarakat yang menganggap razia oleh polisi merupakan upaya untuk melakukan pungutan liar.

"Iya, itu anggapan bagi masyarakat yang tidak memiliki kelengkapan berkendara. Namun kami kira sekarang semua bisa dilihat, bagi yang memiliki kelengkapan tidak akan berfikir begitu lagi," kata Sam. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE