DPRD: Tanjungpinang Perlu Terobosan Baru Destinasi Wisata

id DPRD,Tanjungpinang,Terobosan,Destinasi,Wisata

Kalau untuk wisata, perlu terobosan baru demi meningkatkan kunjungan wisman. Seperti 'event', perbaikan situs objek sejarah
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Wakil Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Ade Angga menyatakan Pemkot setempat perlu melakukan berbagai terobosan baru di bidang pariwisata, demi menarik perhatian wisatawan mancanegara.

"Kalau untuk wisata, perlu terobosan baru demi meningkatkan kunjungan wisman. Seperti 'event', perbaikan situs objek sejarah," kata Ade Angga di Tanjungpinang, Kepri, Kamis.

Menurut dia, kondisi objek wisata di Tanjungpinang kini sudah kusam dan tidak enak dipandang.

Karenanya pemerintah diminta untuk lebih mengurus destinasi wisata yang sudah ada agar dapat dinikmati para turis.

"Pembenahan situs objek wisata yang terlihat kusam seperti situs makam para raja-raja terdahulu itu perlu dilakukan, dipercantik destinasi wisata itu agar menarik," katanya.

Dinas Pariwisata Tanjungpinang juga diminta memperkuat jaringan demi memperluas promosi objek pariwisata, seperti bekerja sama dengan agen dan travel di dalam dan luar negeri.

Menurut dia, agen dan travel pariwisata memiliki peran strategis dalam mempromosikan objek wisata sekaligus membawa wisman ke Tanjungpinang.

Ade Angga menilai, satu kekurangan pariwisata Tanjungpinang adalah masih minimnya jumlah pemandu wisata (guide). Padahal profesi itu amat dibutuhkan untuk menambah kenyamanan wisatawan.

Siapa saja dapat menjadi pemandu wisata, kata dia, dengan syarat memiliki kepribadian yang baik, ceria dan menguasai bahasa asing.

"Yang utama itu harus mampu bahasa asing, seperti Inggris dan mandarin. Juga harus menguasai objek wisata di Tanjungpinang," ujarnya.

Selain kendala-kendala itu, menurut Angga, sebenarnya infrastruktur dasar penunjang pariwisata di Kota Tanjungpinang sudah baik, hanya perlu ditingkatkan.

"Tanjungpinang itu strategis, dekat dengan Singapura dan Malaysia. Seharusnya, jumlah wisatawan asal kedua negara itu dapat ditingkatkan. Kami yakin pemerintah mampu melakukannya jika serius membenahi destinasi wisata yang ada," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE