Layanan Publik Karimun Aman dari "Ransomware Wannacry"

id Layanan,Publik,Karimun,Aman,Ransomware,Wannacry,virus

Layanan Publik Karimun Aman dari "Ransomware Wannacry"

Seorang warga melintas di depan kantor Samsat di Tanjung Balai Karimun (ilustrasi) (antarakepri.com/Nursali)

Setiap hari kita 'backup' semua data kita, sehari itu dua kali kita 'backup', pagi dan sore. Berita terakhir virus ini juga menyerang rumah sakit dan Samsat
Karimun (Antara Kepri) - Beberapa pelayanan publik dalam jaringan atau "online" di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, masih aman dari serangan virus malicious software berupa "ransomware wannacry" yang dapat melumpuhkan data sistem pelayanan berbasis internet.

"Alhamdulillah. Pelayanan administrasi kependudukan tidak terserang virus tersebut, sebab pada umumnya serangan virus tersebut menyerang komputer yang berhubungan langsung dengan web internet," kata petugas admin server "database" Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Dodi di Tanjung Balai Karimun, Selasa.

Sejak mendapat kabar serangan pembajak "hacker" tersebut pihaknya langsung melakukan pengamanan pada data di instansinya, baik dilakukan secara manual maupun yang dengan sistem di perangkat komputer.

"Setiap hari kita 'backup' semua data kita, sehari itu dua kali kita 'backup', pagi dan sore. Berita terakhir virus ini juga menyerang rumah sakit dan Samsat," kata Dodi.

Di tempat berbeda, Kepala Kantor Sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) Kabupaten Karimun, Waluya mengatakan, hingga kini sistem komputer perkantoran tidak mengalami hambatan sehingga pelayanan yang dilakukannya masih tetap berjalan sebagaimana mestinya.

"Alhamdulillah kita nggak kena, kalaupun kena itu pasti sudah di atasi dari pusat sana," kata Waluya.

Hingga saat ini, pihaknya terus memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, baik yang ada di Karimun maupun yang berada di pulau-pulau lainnya.

"Kalau di pulau-pulau melalui unit pelaksana teknis kita yang berada di sana," katanya.

Meskipun demikian, pihaknya tetap melakukan pengecekan secara berkala terhadap perangkat komputer yang berhubungan langsung dengan server internet guna mengantisipasi error atau dibajak hacker, untuk optimalisasi pelayanan.

"Tetap kita cek, petugas kita di sini selalu mengecek semua sistem," katanya.

Senada dengan itu, Kepala Bidang Pelayanan dan Informasi RSUD HM Sani Kabupaten Karimun, Rosdiana Lazuardi mengatakan, pihaknya pun tidak mengalami gangguan sebagaimana yang diberitakan terhadap rumah sakit kebanyakan.

"Sampai saat ini 'nggak ada gangguan, dan sejauh ini aman-aman saja," kata Rosdiana Lazuardi. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE